Sukses

Ekspor Toyota Vios Melesat, Naik Hampir 400 Persen

Toyota Vios berhasil menjadi model dengan tingkat pertumbuhan ekspor yang paling tinggi, hampir menyentuh angka 400 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Vios berhasil menjadi model dengan tingkat pertumbuhan ekspor tertinggi. Tercatat, selama semester pertama tahun ini, pertumbuhan ekspor Vios mencapai 23.800 unit atau naik sebesar 388,5 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di semester pertama tahun sebelumnya, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan ekspor completely built up (CBU) Vios sebanyak 4,900 unit. Tahun lalu, ekspor barulah dilakukan pada Maret 2014 setelah pertama kali diproduksi di pabrik Karawang sejak 2013 lalu.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima Liputan6.com pada Rabu (5/8/2015), terdapat 12 negara tujuan ekspor Toyota Vios. Negara tujuan tersebut adalah Uni Emirat Arab, Jordania, Bahrain, Libanon, Qatar, Yaman, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Malaysia, Brunei Darussalam, serta Singapura.

Peningkatan juga dialami Fortuner dan Innova. Ekspor Toyota Fortuner sekira 25.400 unit, naik 4,9 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara itu, Kijang Innova naik 7,1 persen dari 7.600 unit menjadi 8.200 unit.

"Meski kontribusi ekspor terbesar berasal dari Toyota Fortuner, namun peningkatan tertinggi berasal dari Toyota Vios," ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam rilis.

Secara keseluruhan, total ekspor mobil CBU PT TMMIN pada semester ini mengalami kenaikan signifikan. Tercatat jumlah ekspor mencapai 92.200 unit atau lebih besar 36 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.