Sukses

Cara Mudah Tambal Ban Tubeless Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Ban tubeless bocor adalah salah satu masalah pemilik kendaraan bermotor. Jika bocor di tempat yang ramai dan kebetulan ada tukang tambal ban, tentu hal ini tidak jadi soal. Tapi, apa jadinya jika ban bocor di tempat sepi, bagaimana?

Untungnya, saat ini menambal ban tidak harus di tukang tambal ban. Pemilik kendaran bermotor dapat menambal ban sendiri dengan menggunakan tire repair kit. Barang ini juga sangat cocok dibawa saat Anda mudik nanti.

Biasanya, satu set tire repair kit terdiri dari alat congkel atau pelubang, pengait, lem tambal, amplas, serta tambalnya itu sendiri.

Satu set tire repair kit dijual dengan harga yang beragam, tergantung merek, jumlah alat, dan kualitas alat-alatnya. Dari beberapa situs jual beli online misalnya, ada yang menjual tire repair kit seharga Rp 25-40 ribu.

Meskipun harganya beragam, tetapi sepanjang pencarian, tidak ada yang harganya melebihi Rp 50 ribu. Kecuali, penjual memang menjualnya bukan satu set, melainkan beberapa set dalam satu box.

Biasanya, manual tire repair kit ada di bungkusnya. Cara menggunakannya cukup mudah dan hanya butuh waktu beberapa menit saja. Berikut cara menggunakan alat ini beserta gambar penjelasnya:

>> Klik laman selanjutnya

2 dari 2 halaman

Next

1. Copot paku

 Copot paku (Foto: Wikihow).

Cara ini dilakukan jika ban bocor disebabkan karena adanya paku yang tertancap. Dalam hal ini, biasanya tire repair kit tidak menyediakan alat pencabutnya. Anda dapat menggunakan tang di tahap pertama ini.

2. Lubangi titik yang bocor

 Lubangi titik yang bocor (Wikihow).

Langkah selanjutnya, lubangi titik kebocoran dengan alat pembuka lubangnya. Biasanya, alat pembuka lubang ini ujungnya berbentuk seperti mur. Masukkan alat itu sekuat tenaga, dan gerakkan maju mundur sampai lubang longgar.

3. Masukkan tambal

 Masukkan tambal (Foto: Wikihow).

Setelah itu, ambil tambal yang terbuat dari karet. Bahan inilah yang akan digunakan untuk menambal titik kebocoran. Cukup gunakan setengah bagian karet. Setelah itu, masukkan karet ke lubang menggunakan pengait yang telah dilumuri lem. Masukkan hingga setengah inci. Ingat, jangan sampai karet tersebut masuk ke ban. Setelah itu, cabut pelan-pelan alat pengait.

4. Tunggu karet hingga mengering

 Tunggu karet hingga mengering (Wikihow)

Setelah itu, tunggu karet mengering, minimal sepuluh menit. Gunting sisa karet yang menonjol.

5. Isi angin

 Isi angin (Foto: Wikihow).

Setelah benar-benar kering, Anda tinggal mengisi angin seperti biasa. Ingat, dalam perjalanan mudik, bawa juga pompa ban agar menambal ban tubeless yang bocor dapat benar-benar dilakukan sendiri sampai selesai.



(rio/gst)

Loading