Sukses

Cara Aman Mencuci Motor Listrik

Motor listrik Zero Motorcycles aman digunakan saat kondisi hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak komentar kekhawatiran yang bermunculan ketika akan menggunakan sepeda motor listrik. Salah satunya adalah apakah motor ini aman digunakan saat hujan.

Terkait hal ini Managing Director PT Garansindo Technologies Dhani Yahya memastikan motor listrik Zero Motorcycles aman digunakan saat kondisi hujan.

"Dipakai saat hujan tetap aman, asal jangan direndam saja," katanya seraya berkelakar.

Salah satu teknisi Zero Motorcycle menyebut, meski aman digunakan saat hujan namun ada yang perlu diperhatikan ketika motor ini dicuci.

"Untuk pemakaian normal saat hujan tidak masalah, tapi kalau dicuci tidak boleh di steam atau dengan air bertekanan. Karena pada komponen motor listriknya ini ada banyak konektor yang dilapisi grease. Takutnya kalau disemprot air bertekanan grease itu bisa terbuang dan air masuk ke baterai atau motor listrik," katanya.

Disemprot dengan air bertekanan diperbolehkan namun hanya untuk bagian roda saja. Untuk membersihkan kotoran pada sektor penyimpanan baterai maupun motor listrik bisa disikat lalu diguyur air atau membersihkannya menggunakan lap basah.

Sementara itu, untuk kasus pencucian yang tidak disengaja dan mengakibatkan adanya kerusakan pada sistem kerja motor listrik, garansi yang diberikan tetap berlaku.

"Kalau kasusnya tidak sengaja tetap kami cover." tutup Dhani.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.