Sukses

Serba-serbi 6 Mobil Bermesin 1,0 Liter di Indonesia

Dengan mesin yang kecil, mobil dapat tetap nyaman saat mengarungi jalanan terutama di perkotaan.

Liputan6.com, Jakarta - Harga BBM terus merangkak naik. Para konsumen pun kini menginginkan mobil-mobil yang irit tapi tetap memiliki performa mumpuni.

Isu efisiensi BBM pun ditanggapi serius oleh pabrikan kendaraan. Mereka pun berlomba-lomba menciptakan mobil yang irit, salah satu jurusnya dengan membenamkan mesin berkapasitas relatif kecil.

Di Indonesia sendiri, para agen pemegang merek menawarkan mobil dengan kapasitas 1.000 cc atau 1,0 liter. Adapun, modelnya pun beraneka ragam antara lain MPV, city car, atau juga hatchback.

Dengan kapasitas mesin yang tidak besar, pabrikan merancang mobil-mobil ini dengan handling yang lincah. Tujuannya, mobil dapat tetap nyaman saat mengarungi jalanan terutama di perkotaan yang cukup padat dan kerap terjadi kemacetan.

Seperti apa mobil-mobil yang menggunakan mesin 1,0 liter di Tanah Air? Berikut ini uraian singkatnya yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Daihatsu Xenia

Mendengar kata Xenia, orang langsung terbayang sosok kendaraan berjenis multi purpose vehicle (MPV) sejuta umat. Tak salah memang, sebab Daihatsu Xenia menjadi salah satu MPV yang paling laris di Indonesia.

Mobil ini sendiri dirancang sebagai kendaraan keluarga yang multi fungsi. Saking populernya, Daihatsu Xenia punmudah dijumpai hingga ke kota-kota kecil.

Di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM Daihatsu melepas Xenia dalam dua pilihan mesin yaitu 1,0 dan 1,3 liter. Adapun untuk mesin berkapasitas 1,0 liter ditawarkan dalam tipe D dan M dengan rentang harga mulai dari Rp 144,9 juta hingga Rp 169,2 juta.

All-new Fiesta EcoBoost yang masuk sejak Maret, kata Bagus, hanya terjual dengan perbandingan 5:1

2. Ford Fiesta EcoBoost

Ford Fiesta EcoBoost menjadi gacoan negeri Paman Sam untuk bertarung pada segmen 1,0 liter di Indonesia. Selain itu, kendaraan dari jenis hatchback ini juga dipasarkan oleh Ford secara global.

Adapun keunggulan yang ditawarkan Ford Fiesta EcoBoost adalah mesin yang kecil namun dengan output yang gahar serta irit BBM. Efisiensi tersebut berasal dari kombinasi antara turbocharging, direct fuel injection, serta variable valve timing yang oleh pabrikan disebut mampu menekan konsumsi hingga 20 persen.

Lebih lanjut, daya yang sanggup dihasilkan dapur pacu Ford Fiesta EcoBoost mencapai 120 Tk dengan torsi 170 Nm. Tenaga yang dihasilkan Ford Fiesta juga lebih besar dari hatchback berkapasitas 1,5 liter seperti Toyota Yaris dengan output 109 PS.

Harga terendah itu bisa didapatkan melalui Karimun Wagon R GL, sementara untuk tipe GX Rp 120 juta, GS Rp 212,5 juta, dan Dilago Rp 122 juta

3. Suzuki Karimun Wagon R

Kendaraan dengan mesin 1,0 liter lainnya adalah Suzuki Karimun Wagon R. Secara teknis, mobil berukuran mungil ini dipersenjatai mesin berkode K10B dengan kubikasi 998 cc tiga silinder dengan output 67 Tk pada 6.200 rpm dan torsi 90 Np pada 3.500 rpm.

Di Indonesia, Suzuki Karimun Wagon R ini bermain di segmen  low cost green car (LCGC). Keunggulan yang ditawarkan mobil ini adalah transmisi baru Auto Gear Shift (AGS) yang memberikan pengalaman berkendara layaknya mobil manual dan otomatis.

Buka halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

4. Kia Morning

Kia Morning hadir di Indonesia untuk pemilik pemula yang jumlahnya semakin meningkat. City car asal Negeri Ginseng ini didesain oleh Peter Schreyer dengan mengusung gaya Eropa yang tampak pada terlihat pada desain grill dan bumper depan.

Pada sisi performa mesin, Kia Morning dibekali mesin berkapasitas 1,0 liter DOHC CVVT yang dikawinkan transmisi manual lima percepatan. Daya maksimal yang dihasilkan sebesar 69 PS dan torsi 94,14 Nm pada 3500 rpm.

Menurutnya, Agya yang berdimensi kecil itu dinilai eye catching jika dibalut warna tersebut.

5. Toyota Agya

Toyota Agya menjadi salah satu model yang diperhitungkan di kelas 1,0 liter. Mobil ini juga diekspor ke Filipina dengan mengusung nama sebagai Toyota Wego

Adapun keunggulan dari kendaraan yang bermain di segmen  low cost green car (LCGC) ini adalah tampilannya yang agresif. Untuk semakin menggoda konsumen, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM juga menyediakan opsi warna merah yang eye catching.

Kini Astra Daihatsu Ayla telah dilengkapi airbags dan fitur keselamatan lainnya.

6. Daihatsu Ayla

Deretan mobil dengan kapasitas mesin 1,0 liter yang terakhir dalam daftar ini adalah Daihatsu Ayla. Kendaraan yang berkecimpung di segmen low cost green car (LCGC) ini mengunggulkan fitur keselamatan.

Adapun fitur keselamatan yang terdapat pada Ayla yaitu dual SRS airbags ini ditempatkan pada posisi pengemudi dan penumpang depan yang terdapat pada tipe X. Selain itu,  varian ini juga telah mengadopsi fitur pretensioner & force limiter seat belt untuk mamaksimalkan keselamatan pengguna saat kecelakaan.

(ysp/ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini