Sukses

Dapat Fitur Tambahan, Harga Skutik Baru Yamaha Tidak Naik

Meski mengalami penambahan fitur, pabrikan asal Jepang ini dibanderol sama dengan GT 125, yakni Rp 16,4 untuk Eagle Eye.

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memoles salah satu model skutik dengan penambahan fitur keamanan, Autosafe. Meski mengalami penambahan fitur, pabrikan asal Jepang ini dibanderol sama dengan GT 125, yakni Rp 16,4 untuk Eagle Eye dan Garuda Rp 16,5 juta.

"Ini harganya sama dengan GT 125. Jadi nggak naik," tutur M Abidin, GM Aftersales dan  Motorsports PT YIMM.

Disinggung soal alasan penyematan Autosafe pada GT 125, Abidin menjelaskan bahwa fitur anti maling ini memang diprioritaskan pada model skutik premium.

"Karena GT 125 adalah premium model dan kami prioritaskan. Baru nanti ke model-model yang lain," imbuh dia.

Motor anti maling Yamaha ini hanya dijual terbatas. New Soul GT Eagle Eye Special Edition bisa dibeli pada 21 April - 31 Mei 2015. Sepanjang periode itu, PT YIMM hanya menyediakan sebanyak 5 ribu unit.

"Ini test pasar. Jadi kalau bagus kami lebarin ketersediaan fitur ini ke sejumlah model," ujar Abidin.

Autosafe
‎Autosafe sendiri memiliki dua komponen utama, yakni modular dan remote control. Untuk modular menggunakan voltase 12 V DC, current standby 4,5 mA, dan sirene drive maksimum 2 A. Sementara remote control-nya, memiliki power supply 6 V DC (2XCR2016), current consumption kurang dari 4,7 mA dengan frekuensi radio 433,92 MHz kurang lebih 50 kHz.

Dijelaskan, Autosafe menerapkan  tiga fungsi utama, yakni Auto Immobilizer, Auto Alarm, dan Auto Finder.

Untuk Auto Immobilizer, mesin motor tidak akan Menyala sebelum menekan tombol unlock walau menggunakan kunci Asli sekalipun. Motor juga akan berbunyi secara otomatis jika kunci motor dibuka dalam posisi pengaman dalam kondisi aktif. Fungsi ini bekerja melalui sistem Auto Alarm yang ada pada Yamaha GT Eagle Eye Special Edition.

Untuk fungsi yang lain, yakni Auto Finder, memungkinkan si pengendara dapat dengan mudah menemukan motor dengan cara menekan tombol Lock selama dua detik. Lampu sein akan berkedip serta sirine berbunyi sebanyak enam kali.

(gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini