Sukses

Buat Powertrain Toyota dengan Printer 3D

Thingiverse, perusahaan desain digital meluncurkan desain powertrain Toyota yang dapat dicetak menggunakan printer 3D.

Liputan6.com, Brooklyn - Thingiverse, perusahaan desain digital meluncurkan desain powertrain Toyota yang dapat dicetak menggunakan printer 3D. Cetakan ini dapat dirakit menjadi miniatur powertrain menarik.

Melansir Autoweek pada Rabu (29/4/2015), Thingiverse menyediakan file mesin Toyota 2.4-liter yang pernah diproduksi sejak 1981 hingga 1997. Mesin dengan transmisi lima percepatan ini pernah digunakan oleh model seperti Celica dan Corona.

Model yang dapat dirancang sendiri ini direkayasa dari mesin 22RE Toyota dengan skala 1:3. Terdapat 80 bagian yang dicetak, sementara dua puluh persennya adalah bagian pengencangan dan bantalan.

Model ini dapat dibangun dalam berbagai tahap. Perancang juga dapat melihat piston dan katup bergerak. Bukan hanya itu, poros engkol juga dapat dilihat pergerakannya. Total berat mesin hasil cetakan ini tidak lebih dari 1 kg.

Meskipun terlihat menyenangkan, Eric Harrell, desainer mesin 3D ini memperingatkan bahwa untuk membangun mesin utuh tidak mudah. Menurut Harrel, untuk mencetaknya perlu waktu 20 jam, sementara perancangan memakan waktu lebih dari 14 jam.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini