Sukses

Perjalanan Mercedes-Benz di Konferensi Asia Afrika

Mercedes Benz rupanya telah digunakan semenjak KAA pertama pada 1955.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menghelat Konferensi Asia Afrika (KAA) yang ketiga kalinya. Dalam rangka menyambut konferensi akbar tersebut, pemerintah Indonesia selaku tuan rumah menyediakan deretan mobil mewah yang nantinya digunakan sebagai kendaraan para delegasi.

Salah satu sedan premium yang digunakan dalam KAA 2015 adalah Mercedes Benz E 400 AMG. PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) menyediakan tak kurang 42 unit E400 AMG.

Foto: Liputan6.com

Tak hanya itu, pemerintah RI juga menunjuk Mercedes Benz E200 sebagai kendaraan para delegasi KAA. Jajaran sedan dari pabrikan berlogo three pointed stars ini menjadi kendaraan resmi para delegasi selama kegiatan KAA dilangsungkan pada 19 sampai 24 April 2015 di Jakarta dan Bandung.

Mercedes Benz E400 AMG  didukung mesin V6 3,0 liter biturbo dengan tenaga maksimal 328 Tk dan torsi 480 Nm. Selain itu, sedan ini menyediakan sistem audio Harman Kardon Logic 7 Surround Sound System, 9 kanal amplifier, 2 kanal booster 610 watt, dan 14 speaker untuk memanjakan para delegasi KAA sepanjang perjalanan.

Sementara itu, E-200 tetap menyajikan interior bergaya Art Deco dengan aksen kayu pada panelnya yang dipadukan dengan jam analog yang terdapat pada panel tengah.

Foto: Liputan6.com

Rupanya, digunakannya Mercedes Benz dalam konferensi antar benua ini bukanlah yang pertama. Melalui informasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, pabrikan asal Stuttgart, Jerman tersebut rupanya telah digunakan semenjak KAA pertama yang digelar pada 1955.

Mercedes 600, mobil yang digunakan presiden Soekarno saat Konferensi Asia Afrika pertama tahun 1955 di Bandung (Foto: cuplikan video Arsip Nasional RI).)



Adalah Mercedes-Benz 600 yang digunakan oleh presiden pertama RI, Soekarno. Dalam video milik Arsip Nasional RI yang diunggah ke Youtube, Mercy 600 ini berplat DAA-3 Saat datang ke Gedung Merdeka, di Bandung

Mercedes Benz 600 menjadi mobil yang tergolong sangat cepat pada masanya. Bagaimana tidak, sedan premium Jerman ini dibekali mesin V8 berkapasitas 6,3 liter dengan output sebesar 250 Tk dengan torsi mencapai 500 Nm yang membuatnya mampu berlari hingga kecepatan 205 km/jam.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini