Sukses

Giliran Mobil Listrik Tiongkok Jiplak Desain Aston Martin

mobil listrik berukuran mungil ini menggunakan sebuah motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 13,4 horse power.

Liputan6.com, Beijing - Pepatah Tirai Bambu yang berbunyi 'Jika ada sesuatu yang baik, maka tirulah' tampaknya benar-benar dilakoni industri otomotif Tiongkok. Setelah Land Rover yang dibuat naik pitam atas jiplakan Ranger Rover Evoque mereka, kini giliran Aston Martin yang dibuat meradang.

Tak lain, adalah mobil mungil Aston Martin yakni Cygnet yang kini ditemukan replikanya di Negeri Tirai Bambu tersebut. Apa gerangan? Sebuah mobil listrik buatan Tiongkok hadir sebagai tiruan dari Aston Martin Cygnet

Memang, Aston Martin hanya memproduksi dengan jumlah hanya 150 unit saja di dunia. Predikatnya sebagai mobil 'langka' tampaknya membuat produsen lokal di Tiongkok untuk mentah-mentah meniru desain yang ada pada Cygnet.

Melansir laman Autoevolution, Selasa (8/12/2014), adalah sebuah perusahaan bernama Dao Jue Industrial Corporation yang menjadi inisiator atas mobil listrik tersebut. Industri dalam negeri Tiongkok tersebut sukses melansir sebuah mobil mungil bertenaga listrik dengan model A106-Electric bermerek Dojo Pioneer.

Masalah pun muncul, setelah dari penampakan, desain mobil bertenaga listrik ini nyatanya begitu mirip dengan Aston Martin Cygnet.

Sebagai penggeraknya, mobil listrik ini dikabarkan menggunakan sebuah motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 13,4 horse power. Kecepatan maksimalnya pun mencapai 50 km/jam.

Mobil listrik ini memiliki bobot yang cukup ringan yakni hanya 800 kilogram termasuk baterai. Baterai pada Dojo Pioneer sanggup menjalankan mobil hingga jarak 120 kilometer sekali isi penuh. Nah, bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini