Sukses

Anak-Anak dengan Kecenderungan Genetik Insomnia Memiliki Lebih Banyak Masalah Tidur

Kecenderungan genetik untuk masalah tidur seperti telah ditemukan beberapa kali dalam penelitian pada orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Membangun kebiasaan tidur yang sehat untuk anak Anda sejak dini sangatlah penting. Menurut penelitian baru tentang genetika dan gangguan tidur pada anak, hal ini sangat penting terutama jika salah satu dari orang tua mengalami permasalahan tidur yang kronis.

Kecenderungan genetik untuk masalah tidur seperti insomnia telah ditemukan beberapa kali dalam penelitian pada orang dewasa, membuat para ilmuwan bertanya-tanya apakah fenomena yang sama juga terjadi pada anak-anak.

Ternyata benar, kata para ahli di balik studi pertama yang memberikan bukti bahwa kerentanan genetik untuk menjadi "orang yang kurang tidur" juga dapat ditemukan sejak dini.

Anak-anak yang secara genetik cenderung mengalami insomnia memiliki lebih banyak masalah tidur yang berhubungan dengan insomnia seperti kesulitan tidur atau sering terbangun di malam hari, menurut penelitian yang diterbitkan pada hari Rabu di Journal of Child Psychology and Psychiatry. Melansir CNN, (19/4/2024).

"Temuan ini mungkin mengherankan bagi kebanyakan orang," kata penulis senior Dr. Eus van Someren, kepala departemen tidur dan kognisi di Netherlands Institute for Neuroscience di Amsterdam, melalui email.

"Kita cenderung berpikir bahwa insomnia berkembang di kemudian hari, tetapi di sini kami dengan jelas menunjukkan bahwa tanda-tanda awal risiko insomnia di masa dewasa sudah ada di masa kanak-kanak."

Namun, kecenderungan genetik terhadap permasalahan tidur hanyalah sebagian dari teka-teki, sehingga menjaga kebersihan tidur anak Anda masih dapat membuat perbedaan, kata para ahli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menilai Kesulitan Tidur Pada Anak

Para penulis meneliti 2.458 anak-anak Eropa, di mana hampir setengahnya adalah anak perempuan, yang terlibat dalam penelitian Generasi R, yang merekrut wanita hamil dengan tanggal kelahiran antara tahun 2002 dan 2006, sehingga kesehatan anak-anak mereka dapat diukur sejak masa janin hingga dewasa. Dalam studi Generasi R, para ahli mengumpulkan sampel DNA dari darah tali pusar atau dari anak-anak ketika mereka berusia 6 tahun.

Ketika anak-anak berusia 1 ½, 3, 6 dan antara 10 dan 15 tahun, ibu mereka berbagi rincian tentang kesehatan tidur mereka . Seperti apakah mereka mengalami kesulitan tidur, tidur lebih sedikit daripada kebanyakan anak atau sering terbangun di malam hari. Beberapa partisipan - 975 di antaranya - juga mengenakan jam tangan pelacak tidur selama sembilan hari sebanyak dua kali antara usia 10 dan 15 tahun.

Para penulis menemukan kecenderungan genetik terhadap perkembangan insomnia pada anak-anak dikaitkan dengan gejala seperti insomnia yang dilaporkan oleh ibu mereka, tetapi gejala-gejala tersebut tidak terdeteksi oleh pelacak tidur, yang lebih objektif.

Hal itu bisa jadi karena terkadang dalam hal ini para ibu yang melacak tidur anak-anak mereka, memiliki persepsi insomnia bahkan ketika mereka tidak benar-benar kekurangan tidur dari segi kuantitas, kata Dr. Amita Sehgal, direktur Institut Kronobiologi dan Tidur di Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania Perelman, yang tidak terlibat dalam penelitian ini

Kualitas tidur mungkin tidak cukup nyenyak. Namun, secara genetik cenderung tidur lebih lama, terkait dengan tidur tiga menit lebih lama secara rata-rata berdasarkan pengukuran obyektif alat pelacak - tetapi tiga menit lebih banyak istirahat untuk peserta penelitian juga disertai dengan bangun kurang dari satu menit pada malam hari.

"Tidaklah mengejutkan bagi saya bahwa ada penentuan genetik tidur pada anak-anak seperti halnya pada orang dewasa," kata Sehgal, yang juga seorang profesor ilmu saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania Perelman. "Anda akan berpikir bahwa, tentu saja, jika hal ini ditentukan secara genetik, mengapa tidak muncul lebih awal dalam kehidupan?"

3 dari 4 halaman

Langkah-langkah Penting dan Tanda-tanda yang Harus Diperhatikan

Masih ada harapan untuk kesehatan tidur anak Anda.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi proses yang mendasari temuan ini, "di samping kecenderungan genetik untuk sifat-sifat perilaku dan kejiwaan lainnya," kata penulis pertama studi ini, Dr. Desana Kocevska, seorang ilmuwan tidur di departemen psikiatri anak dan remaja di Erasmus Medical Center di Rotterdam, Belanda, melalui email.

Namun karena "hasil penelitian kami dapat mengindikasikan bahwa anak-anak dari orang tua yang kurang tidur mungkin sangat rentan terhadap masalah tidur," kata Kocevska, "praktik kebersihan tidur sejak usia dini mungkin sangat penting bagi kelompok ini."

Sebisa mungkin, cobalah untuk memastikan mereka sudah selesai makan beberapa jam sebelum tidur dan menggelapkan kamar tidur mereka sebanyak yang mereka rasa nyaman saat akan tidur, kata Sehgal.

Ritme irama sirkadian pada anak Anda

Perhatikan juga ritme sirkadian pribadi anak Anda atau pola alamiah tubuh manusia yang berulang setiap 24 jam, tambahnya, seperti kapan mereka biasanya paling terjaga atau siap untuk tidur.

"Jika anak Anda adalah orang yang suka tidur larut malam, maka jangan paksa mereka untuk tidur lebih awal," tambah Sehgal.

Jika "di pagi hari mereka tidur dan sulit dibangunkan, maka ritme sirkadian internal mereka mungkin tertunda. Dan daripada melawannya, Anda mencoba untuk mengakomodasi hal tersebut," jelasnya.

Fleksibilitas ini umumnya hanya dapat dilakukan sebelum usia sekolah, ketika waktu mulai sekolah tidak selaras dengan ritme sirkadian anak di bawah umur, Sehgal mengakui.

"Sesuatu yang telah lama kami perjuangkan di bidang sirkadian adalah bahwa pengaturan waktu sekolah semuanya salah," katanya.

 

 

4 dari 4 halaman

Kapan harus membawa anak Anda ke spesialis tidur

Meskipun anak-anak usia sekolah dasar cenderung bangun lebih awal dan remaja tidur lebih larut, anak-anak sekolah dasar mulai masuk sekolah lebih siang, sementara anak-anak sekolah menengah pertama dan menengah atas masuk lebih awal.

Perubahan kebijakan akan sangat membantu orang tua dan pengasuh yang mencoba mengelola kesehatan tidur anak-anak mereka berdasarkan apa yang dibutuhkan tubuh mereka saat itu.

Kapan anak Anda harus menemui dokter spesialis tergantung pada seberapa parah masalahnya, kata Sehgal.

"Apakah ini sesuatu yang bisa Anda jalani? Apakah anak Anda berfungsi dengan baik? Apakah mereka tampak bahagia? Apakah mereka baik-baik saja secara akademis, sosial?" tambahnya. "Mungkin Anda tidak perlu melakukan terlalu banyak hal. Tetapi jika tidak, maka ya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.