Sukses

1 Miliar Orang di Dunia Diramal Terkena Obesitas, Ternyata Ini Penyebabnya

Federasi Obesitas Dunia sebelumnya memperkirakan sebanyak 1 miliar orang akan mengalami obesitas di 2030.

Liputan6.com, Jakarta Obesitas melanda lebih dari 1 miliar anak-anak, remaja, dan orang dewasa di seluruh dunia. Diketahui  penyebab paling umum dari obesitas adalah malnutrisi  yang terjadi di banyak negara.

Demikian menurut penelitian yang diterbitkan The Lancet, melansir CNN, Selasa (5/3/2024).  Penulis Senior Studi dan Profesor  Imperial College London, Majid Ezzati, mengatakan bahwa angka ini melebihi perkiraan. Sebagian besar karena transisi cepat malnutrisi dari kekurangan berat badan menjadi obesitas di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Federasi Obesitas Dunia sebelumnya memperkirakan bahwa akan ada 1 miliar orang yang mengalami obesitas pada tahun 2030. Namun angka tersebut telah tercapai pada tahun 2022. "Kami benar-benar terkejut dengan betapa cepatnya hal ini terjadi," katanya.

Investigasi global terbaru, yang dilakukan lebih dari 1.500 peneliti dari Kolaborasi Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular dan Organisasi Kesehatan Dunia, memeriksa ukuran tinggi dan berat badan lebih dari 220 juta orang dari lebih dari 190 negara.

Penelitian ini berfokus pada prevalensi kekurangan berat badan dan obesitas, yang keduanya berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Orang dewasa diklasifikasikan sebagai obesitas jika BMI mereka 30 atau lebih, dan kekurangan berat badan jika kurang dari 18,5. Penelitian ini mengklasifikasikan anak-anak dan remaja sebagai gemuk atau kurus tergantung pada usia dan jenis kelamin mereka.

"Kekurangan gizi dan obesitas adalah dua wajah dari masalah yang sama, yaitu kurangnya akses terhadap makanan yang sehat," ujar Dr. Francesco Branca, Direktur Departemen Gizi dan Keamanan Pangan WHO.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prediksi Terkena Obesitas

Pada tahun 2022, penelitian ini memprediksi bahwa sekitar 880 juta orang dewasa dan 159 juta anak-anak akan mengalami obesitas.

Tingkat obesitas pada anak-anak dan remaja secara global meningkat empat kali lipat antara tahun 1990 dan 2022, sementara tingkat obesitas pada orang dewasa meningkat lebih dari dua kali lipat.

"Sangat memprihatinkan bahwa epidemi obesitas yang terjadi di kalangan orang dewasa di sebagian besar dunia pada tahun 1990, kini tercermin pada anak-anak dan remaja usia sekolah," ujar Ezzati.

Meskipun angka obesitas meningkat, jumlah orang yang menderita kekurangan berat badan menurun di sebagian besar negara. Menurut data, angka obesitas telah melampaui angka kekurangan berat badan di dua pertiga negara di dunia.

Pergeseran ini paling terlihat di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, termasuk Polinesia dan Mikronesia, Karibia, serta Timur Tengah dan Afrika Utara.

Menurut analisis, tingkat obesitas di negara-negara ini saat ini lebih besar daripada di banyak negara industri yang kaya.

Negara-negara kepulauan Tonga, Samoa Amerika, dan Nauru memiliki tingkat obesitas tertinggi pada tahun 2022, dengan lebih dari 60% populasi orang dewasa menderita kondisi tersebut, menurut laporan tersebut.

"Di masa lalu, kita menganggap obesitas sebagai masalah bagi orang kaya. "Sekarang, obesitas adalah masalah global," ujar Branca.

 

3 dari 4 halaman

Penelitian WHO

Ezzati menyatakan bahwa para peneliti tercengang melihat bahwa tidak ada satu pun negara industri kaya, kecuali Amerika Serikat, yang berada di urutan teratas dalam daftar negara dengan tingkat obesitas tertinggi pada tahun 2022.

Dia mengatakan bahwa ini adalah perubahan yang signifikan dari tahun 2017, ketika WHO melakukan penelitian obesitas global yang sebanding dan menyimpulkan bahwa Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Inggris memiliki tingkat prevalensi obesitas tertinggi.

"Hal ini menunjukkan bahwa transformasi ini sangat cepat. "Kami tidak sabar untuk segera menyingkirkan kekurangan berat badan untuk mengatasi obesitas," kata Ezzati.

Menurut Branca, transisi obesitas adalah hasil dari konfigurasi ulang sistem pangan global yang cepat dan belum dipandu oleh kebijakan publik.

"Alasan mengapa epidemi ini berkembang begitu cepat adalah karena tindakan kebijakan belum cukup tajam," katanya kepada wartawan. "Selama ini ada ketergantungan pada perubahan perilaku, tetapi [solusi] belum menyentuh elemen struktural, yaitu kebijakan seputar makanan dan lingkungan."

Obesitas dan kekurangan berat badan hidup berdampingan di banyak negara dan harus ditangani secara bersamaan, katanya, dengan menggunakan upaya kebijakan "tugas ganda" yang menangani kedua jenis malnutrisi tersebut.

Branca menyatakan kebijakan-kebijakan tersebut termasuk mempromosikan dan mendukung pemberian ASI, mengenakan pajak atas minuman manis.

Kemudian mengatur pemasaran makanan untuk anak-anak, dan menyediakan makanan bergizi di lembaga-lembaga publik seperti sekolah. 

Dia juga menyebutkan bahwa reformasi pertanian, perencanaan kota, dan investasi layanan kesehatan primer dapat membantu program-program tersebut.

"Kembali ke jalur yang benar untuk memenuhi target global dalam mengurangi obesitas akan membutuhkan kerja sama pemerintah dan masyarakat, didukung oleh kebijakan berbasis bukti dari WHO dan lembaga kesehatan masyarakat nasional," Dr. "Yang terpenting, hal ini membutuhkan kerja sama dari sektor swasta, yang harus bertanggung jawab atas dampak kesehatan dari produk mereka."

4 dari 4 halaman

Perkuat Pengawasan

Menurut Branca, kebijakan publik harus mencoba memperkuat pengawasan terhadap produsen makanan dan mempromosikan akses yang adil terhadap makanan yang baik dan bergizi untuk semua.

Dia menyatakan bahwa lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia masih tidak mampu membeli makanan yang layak. "Salah satu peran kebijakan adalah untuk memberikan kesehatan yang baik kepada masyarakat sebelum mereka menjadi kaya," jelas dia.

Upaya mendukung kebijakan-kebijakan tersebut, WHO berkolaborasi dengan organisasi lain, termasuk United Nations International Children's Emergency Fund, untuk mengembangkan kerangka kerja seperti Global Action Plan on Child Wasting dan Acceleration Plan to Stop Obesity.

Para ahli juga mencatat perkembangan kebijakan global yang telah memberikan hasil yang positif. Prancis, yang mengalami penurunan tingkat obesitas selama periode tersebut, telah mengadopsi strategi nasional yang disebut Programme National Nutrition Santé, yang menetapkan tujuan kebijakan gizi di tingkat industri, konsumen, dan penelitian.

Negara-negara Amerika Selatan telah mulai menerapkan pelabelan nutrisi di bagian depan kemasan, yang mencakup peringatan yang jelas tentang kadar lemak, gula, dan garam.

Menurut Branca, Meksiko memimpin dalam hal pengenaan pajak untuk minuman berpemanis, sementara di Chili, makanan olahan tidak dapat dijual kepada anak di bawah umur. "Intervensi komunitas yang mengintegrasikan promosi diet sehat dan aktivitas fisik sangat efektif," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini