Sukses

Ketahui 1 Tanda Anda Terjebak di Karir, Begini Cara Mengatasinya

Oprah Winfrey adalah seorang maestro media yang memiliki kekayaan hingga USD 2,5 miliar, tetapi ia bahkan tidak pernah merasa mandek dan bingung di berbagai titik sepanjang karirnya.

Liputan6.com, Jakarta - Oprah Winfrey adalah seorang maestro media yang memiliki kekayaan hingga USD 2,5 miliar, tetapi ia bahkan tidak pernah merasa mandek dan bingung di berbagai titik sepanjang karirnya.

“Saya memulainya di usia 20-an,” kata Winfrey, 69, dalam wawancara baru-baru ini dengan Caroline Wanga, Presiden dan CEO Essence Ventures. “Saya hanya mengatakan bahwa usia 20-an adalah masa untuk mencari tahu.”

Seperti kebanyakan anak muda, Winfrey memegang pekerjaan di awal karirnya yang tidak memberikan tujuan atau makna dalam hidupnya.

Pada akhir tahun 70-an, Winfrey bekerja sebagai pembawa berita dan reporter di Stasiun WJZ Baltimore. Namun, seperti yang ia katakan di eponymous network, ia tidak suka mewawancara orang-orang disaat terjadi tragedi karena ia merasa sedang “mengeksploitasi manusia”.

“Dulu saya selalu merasa lelah,” kata Winfrey, “karena saya membencinya”

“Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu terjebak dalam karir sampai kehabisan tenaga,” kata Winfrey kepada Wanga.

Namun, ada tanda yang harus kamu waspadai. “Seperti kamu menyerahkan kekuasaan kepada orang lain,” jelas Winfrey. “Mengikuti jejak orang lain dan mendengarkan yang orang lain katakan tentang hidup kamu, alih-alih memperhatikan suara kecil dalam diri kita masing-masing, itu tidak dapat disangkal jika kamu masih mendengarkan mereka.”

Kapanpun kamu harus berhenti dan bertanya kepada orang lain apa yang harus kamu lakukan, “merupakan sinyal nomor satu bagi diri sendiri bahwa kamu perlu diam dan mengatakan suara yang sebenarnya,” tambah Winfrey.

“Untuk memperkuat diri sendiri, kamu harus memiliki niat yang jelas,” kata Winfrey kepada Wanga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan dengarkan kata orang lain

Ia pertama kali belajar tentang kekuatan niat pada tahun 1989 ketika ia membaca buku terlaris Gary Zukav “The Seat of the Soul” yang menjadi prinsip panduan hidup dan karirnya.

“Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk berbicara dengan penonton setelah pertunjukkan dan saya selalu berkata ‘Bilang apa yang kamu inginkan,’” kata Wifrey.

“Orang-orang selalu berkata ‘Saya ingin bahagia’ Menurutmu, seperti apa hal itu? Kebanyakan orang belum benar-benar memikirkannya.” lanjutnya.

Sebelum kamu membuat keputusan besar tentang karir yang mungkin menambah stres sekecil apapun dalam hidup, Winfrey dalam podcast Super Soul tahun 2020 mengatakan, “tanyakan dua pertanyaan berikut pada diri sendiri”:

  • Apa niat saya?
  • Apa alasan sebenarnya saya melakukan ini?

Momen penentu Winfrey terjadi ketika Ia "melepaskan diri" dalam karirnya pada 14 Agustus 1978, hari pertamanya bekerja di acara bincang-bincang WJZ "People are Talking".

“Saya merasa inilah yang harus saya lakukan,” kata Winfrey pada OWN.

Ia meluncurkan “The Oprah Winfrey Show” pada tahun 1986, lalu memanfaatkannya sebagai media dan entertainment empire yang sedang berkembang pesat.

Winfrey sekarang mempunyai banyak jabatan, mulai dari jurnalis dan pembawa acara hingga aktris, penulis, dan pengusaha, yang semuanya membantunya menjadi miliarder wanita kulit hitam pertama di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini