Sukses

Mantan Ahli Jantung Berikan Tips Hidup Panjang dan Bahagia

Dia adalah contoh yang baik tentang bagaimana menua dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Ini adalah tips dari seorang kakek yang berusia 95 tahun dari kampung halamannya di Osaka, Jepang tentang hidup. Sebagai seorang pensiunan ahli jantung, pandangan yang kreatif, dan cara hidupnya yang terarah selalu menginspirasi.

Dia adalah contoh yang baik tentang bagaimana menua dengan baik. Berikut adalah delapan hal yang tidak bisa ditawar untuk hidup panjang dan bahagia, melansir laman CNBC, Kamis (14/9/2023).

1. Berjalan kaki pagi sekali

Pria ini adalah orang yang bangun pagi. Pada pukul 5 pagi, sudah mulai berjalan pagi. Biasanya berjalan kaki selama 30 menit hingga satu jam, dan setidaknya melakukan 7.000 langkah.

Entah itu mendaki jalur pegunungan menuju Air Terjun Minoh atau berkeliling di sekitar lingkungan Ikeda, menggunakan jalan kaki untuk memulai hari mereka dari tempat yang kuat.

2. Berolah raga

Setelah berjalan-jalan, dia melakukan rutinitas latihan yang disesuaikan. Dia memulai dengan melakukan peregangan, kemudian melakukan serangkaian latihan kekuatan dan latihan keseimbangan.

Dia dengan hati-hati memilih latihan yang berbeda setiap hari berdasarkan kemampuan dan kebutuhannya untuk memastikan dia tetap aktif tanpa melelahkan tubuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Terhubung dengan orang-orang terkasih di media sosial

Setelah menyelesaikan latihannya, dia mengeluarkan laptopnya dan masuk ke Facebook dan Instagram.

Penelitian telah menemukan bahwa isolasi sosial pada orang dewasa yang lebih tua menghasilkan tingkat kesepian yang tinggi, terutama di kalangan pria yang lebih tua.

Serta meningkatkan kesejahteraan emosionalnya dengan menjaga hubungan yang kuat dengan orang-orang di komunitas globalnya, termasuk cucu-cucunya di AS, melalui online.

4. Menulis di Blog

Sejak tahun 2014, dia telah menghabiskan beberapa menit hampir setiap hari untuk menulis pemikiran, pengalaman, dan wawasannya di blognya. Sekarang blognya telah memiliki lebih dari 1.000 postingan.

Sangat mudah untuk kehilangan semangat ketika kita tidak melihat hasil langsung, tetapi blog kakek adalah puncak dari beberapa menit menulis selama beberapa tahun. Ini adalah pengingat yang baik tentang nilai dari tindakan kecil yang konsisten.

5. Menggeluti Seni

Pria ini adalah seorang seniman yang ulung. Setiap hari dia duduk dan menggambar potret dirinya. Saat dia dengan hati-hati membuat sketsa setiap garis, bayangan dan detail, dia menggunakan waktu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dirinya sendiri.

Di dunia di mana semua sering bepergian, dia meluangkan waktu untuk melambat dan melihat ke dalam diri, memotivasi saya untuk melakukan hal yang sama.

3 dari 3 halaman

6. Meluangkan waktu untuk hobi baru

Selama pandemi, dia menyempatkan diri mulai berkebun setelah terinspirasi oleh bunga dan tanaman yang dia lihat saat berjalan-jalan.

Dia mulai memainkan recorder, alat musik tiup kayu, karena dia pikir itu akan membantu pernapasan dan penelanannya.

Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari keterampilan baru. Saya suka bagaimana kakek saya tetap berpikiran terbuka dan berjiwa petualang, selalu mencari pengalaman baru untuk memicu rasa ingin tahunya dan tidak pernah takut gagal.

7. Tidur Siang

Setelah semua latihan itu, dia memastikan untuk berhenti dan mengisi bahan bakar beberapa kali sehari untuk mempertahankan energinya.

Dia biasanya tidur siang selama setengah jam di pagi hari, sekitar pukul 8 atau 9 pagi, dan sering tertidur lagi di sore hari sambil membaca.

Kesadaran dirinya untuk mengetahui kapan harus beristirahat telah menjadi kontributor utama bagi umur panjangnya.

8. Makan makanan kesukaan

Dia sangat aktif, tetapi dia juga sangat menyukai kesenangan hidup, termasuk menikmati daging merah, keju, dan minum anggur berkualitas.

Namun, di sisi yang lebih sehat, tetap menyantap berbagai macam sayuran dalam masakan Jepang rumahannya, seperti kari yang lezat.

Meskipun norma-norma Barat mungkin mencap beberapa pilihan makanannya tidak sehat, kesehatannya yang luar biasa di usia 95 tahun merupakan bukti bahwa banyak faktor yang berkontribusi pada umur panjang, dan keseimbangan mungkin yang paling penting.

Di Jepang, memiliki konsep yang disebut "ikigai," atau "rasa tujuan." Tidak ada satu pun petunjuk yang tepat untuk mendapatkan kesehatan dan kebahagiaan yang baik. Hal yang paling penting adalah mencari tahu seperti apa tujuan Anda, kejarlah jalan itu dengan penuh perhatian, niat dan kegembiraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini