Sukses

Asupan Air Berpengaruh Terhadap Kadar Asam Urat Dalam Tubuh, Begini Penjelasan Ahli

Menurut halaman media sosial bernama HealthHatch, air adalah nutrisi yang paling diabaikan.

Liputan6.com, Jakarta Risiko kesehatan yang kurang umum dibicarakan di antara mereka yang terkait dengan kurangnya asupan air yang cukup adalah kadar asam urat yang lebih sedikit dalam tubuh. Secara khusus, asam urat merupakan produk limbah, diproduksi selama penguraian berbagai makanan dan minuman, produksinya juga mempengaruhi kesehatan Anda.

“Biasanya, asam urat larut dalam darah dan dibuang oleh ginjal melalui urine. Tetapi dalam beberapa kasus, tubuh memproduksi asam urat berlebih atau disfungsi ginjal tidak mengeluarkan jumlah asam urat yang dibutuhkan, mengakibatkan hiperurisemia. Hiperurisemia jangka panjang dapat menyebabkan perkembangan asam urat, bentuk artritis yang menyakitkan, atau batu ginjal,” jelas direktur Urologi Robotik, Rumah Sakit Khusus Super Nanavati Max Avanish Arora Mumbai seperti melansir The Indian Express, Selasa (11/7/2023).

Menurut halaman media sosial bernama HealthHatch, air adalah nutrisi yang paling diabaikan.

“Kekurangan air diketahui menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk batu ginjal, dehidrasi, dll. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan air yang buruk dikaitkan dengan asam urat yang tinggi dalam tubuh. Sinyal haus kita cukup lemah dan karenanya, kita tidak benar-benar minum banyak air kecuali kita mengalami dehidrasi dan sangat haus. Penting untuk dipahami bahwa asupan air yang rendah dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan kita tidak boleh menganggapnya enteng,” demikian penjelasannya.

Selain mengurangi makanan purin tinggi, Anda juga perlu meningkatkan asupan air untuk mengurangi asam urat yang meningkat,” tambah keterangan tersebut. Khususnya, makanan tinggi purin adalah alkohol, jeroan, makanan laut tertentu, dan minuman manis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana air minum dapat membantu?

Menurut Arora, minum banyak air mengencerkan asam urat dalam darah. “Menjadi terhidrasi juga mendukung fungsi ginjal yang sehat dan menghilangkan asam urat dengan mulus dari tubuh,” jelas Arora.

Dengan meningkatkan volume urin, asupan air memfasilitasi pembuangan asam urat dari tubuh, mengurangi risiko pembentukan kristal, kata Urman Dhruv. “Selain itu, tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu mencegah reabsorpsi asam urat di ginjal, yang selanjutnya membantu menghilangkannya. Hidrasi yang tepat juga mendukung fungsi ginjal, memastikan filtrasi optimal dan pembersihan asam urat dari aliran darah,” kata Urman.

Selaras dengan hal tersebut, Santosh Pandey mengatakan bahwa jika batunya kecil, mereka dapat keluar dari tubuh Anda melalui urin. “Minum banyak air membantu ginjal membuang asam urat lebih cepat. Sehingga batu-batu kecil akan dikeluarkan, tidak ada peluang pertumbuhan kristal asam urat seukuran itu,” kata Pandey.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun asupan air bermanfaat, konsumsi berlebihan saja mungkin tidak cukup untuk mengelola kadar asam urat pada individu dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya atau kecenderungan untuk mengalami asam urat.

“Juga benar bahwa asam urat tinggi tidak selalu menyebabkan asam urat dan asam urat asimtomatik mungkin tidak memerlukan pengobatan sampai mencapai di atas 11 mg pada pria atau 10 mg pada wanita,” jelas Urman mendesak agar saran umum tidak boleh diambil sebagai saran medis yang disesuaikan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini