Sukses

Contoh Warga Jepang Rajin Senam Radio Taiso Agar Bisa Berumur Panjang

Ternyata ada manfaatnya mempelajari lebih lanjut tentang cara orang yang paling lama hidup di dunia menggerakkan tubuhnya setiap hari, persis seperti yang dilakukan oleh Héctor García dan Francesc Miralles.

Liputan6.com, Jakarta Pola makan, hubungan yang sehat, dan sikap positif adalah semua faktor yang berkontribusi pada umur panjang. Akan tetapi, obat mujarab untuk hidup panjang dan bahagia tidak lengkap tanpa aktivitas fisik.

Ternyata ada manfaatnya mempelajari lebih lanjut tentang cara orang yang paling lama hidup di dunia menggerakkan tubuhnya setiap hari, persis seperti yang dilakukan oleh Héctor García dan Francesc Miralles.

Penulis “Ikigai: The Japanese Secret to a Long and Happy Life” berbicara kepada lebih dari 100 orang tertua di Okinawa, Jepang, zona biru dengan konsentrasi centenarian tertinggi di dunia.

García dan Miralles memahami perilaku sehari-hari para centenarian Okinawa, termasuk cara mereka menggerakkan tubuh. “Anda tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton,” tulis García dan Miralles seperti dilansir CNBC, Senin (19/6/2023).

“Seperti yang ditunjukkan oleh para centenarian Jepang kepada kita, yang Anda butuhkan hanyalah menambahkan gerakan ke hari Anda.”

Radio Taiso Selama 5 Menit

Hampir semua orang yang García dan Miralles wawancara mengatakan bahwa mereka berlatih radio taiso, latihan Jepang populer yang telah ada selama beberapa dekade.

“Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk itu, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka,” tulis para penulis.

Rajio taisō, yang diterjemahkan menjadi “latihan radio”, itu berarti instruksi untuk gerakan tersebut disiarkan di radio pada 1929.

Hari ini, radio taiso masih mengudara setiap hari pada pukul 6:30 pagi di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK Radio 1, menurut sebuah situs yang didedikasikan untuk latihan tersebut.

Gerakannya berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari Anda dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk menyelesaikannya, kata situs tersebut.

Tujuan utama radio taiso adalah untuk “mempromosikan semangat persatuan di antara para peserta”, menurut García dan Miralles. Latihan biasanya dilakukan dalam pengaturan kelompok, termasuk di sekolah sebelum belajar dan di bisnis sebelum bekerja, tambah mereka.

“Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik terdiri dari mengangkat tangan ke atas kepala dan kemudian menurunkannya dengan gerakan melingkar,” tulis penulis.

“Ini mungkin tampak mendasar, tetapi dalam kehidupan modern, kita dapat menghabiskan hari-hari tanpa mengangkat tangan ke atas telinga kita.”

Selain itu, yoga dan tai chi juga merupakan praktik umum di kalangan lansia di Jepang. Akan tetapi, “Jika Anda tidak menyukai salah satu dari latihan ini, silakan pilih praktik yang Anda suka sehingga membuat Anda bergerak,” tulis García dan Miralles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.