Sukses

Para Ahli Ungkap Cara Mencegah Radang Sendi, Disimak!

Meskipun tidak ada obat untuk artritis, diagnosis dan pengobatan dapat sangat meningkatkan kualitas hidup seseorang dan berpotensi memperlambat perkembangan kondisi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Radang sendi atau arthritis sering menyerang siapa pun di usia berapa pun. Jadi, sebelum merasakan sakitnya, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan agar terhindar dari radang sendi.

Di AS sendiri, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hampir 58,5 juta orang hidup dengan beragam keluhan radang sendi. Arthritis mengambil beberapa bentuk, termasuk keausan degeneratif yang dikenal sebagai osteoarthritis dan kondisi terkait autoimun, seperti rheumatoid arthritis. Gejala yang terkait dengan radang sendi termasuk rasa sakit dan kaku, kesulitan berjalan atau naik tangga, menulis, dan bahkan tidur.

Meskipun tidak ada obat untuk artritis, diagnosis dan pengobatan dapat sangat meningkatkan kualitas hidup seseorang dan berpotensi memperlambat perkembangan kondisi tersebut.

Apa itu Artritis?

Dilansir dari Forbes Health, Selasa (11/4/2023), istilah radang sendi mengacu pada lebih dari 100 penyakit dan kondisi terkait. Dua jenis radang sendi yang paling umum termasuk osteoartritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Nah, Osteoartritis atau OA adalah jenis radang sendi yang paling umum dan disebabkan oleh keausan erosif non-inflamasi atau respons degeneratif terhadap penuaan — paling sering terjadi pada sendi yang menahan beban dan buku-buku jari Anda. Ketika tulang rawan di dalam sendi mulai rusak, penderita osteoartritis mungkin mengalami nyeri, kaku, dan bengkak.

Sementara Rheumatoid arthritis atau RA, itu adalah penyakit autoimun dan peradangan yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang lapisan membran yang membungkus sendi. RA paling sering menyebabkan peradangan di tangan, pergelangan tangan, dan lutut. Kondisi ini juga dapat memengaruhi jaringan dan organ lain, termasuk peningkatan risiko radang paru-paru dan jaringan parut serta pengerasan pembuluh darah jantung. Ini muncul sebagai kekakuan pagi yang berlangsung lebih dari satu jam, memburuk dengan istirahat dan membaik dengan aktivitas.

Arthritis juga dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi berikut ini:

a. Fibromyalgia ditandai dengan nyeri di sekujur tubuh—tidak hanya di persendian—dan peningkatan kepekaan terhadap nyeri.

b. Gout adalah bentuk radang sendi akibat penumpukan kristal asam urat yang biasanya menyerang satu sendi pada satu waktu.

c. Lupus, penderita lupus mempengaruhi tubuh mirip dengan RA karena juga autoimun dan biasanya terjadi pada persendian kecil seperti tangan, pergelangan tangan dan kaki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Radang Sendi

Gejala spesifik radang sendi bervariasi tergantung pada jenis radang sendi yang dimiliki seseorang, tetapi tanda khas dari kondisi tersebut adalah nyeri sendi saat menggunakan bagian tubuh yang terkena.

“Sebagai contoh, jika seseorang menderita osteoarthritis pada sendi ibu jari mereka, mungkin akan terasa menyakitkan untuk membuka stoples atau memainkan gitar,” kata seorang ahli kedokteran fisik dan rehabilitasi di Weill Cornell Medicine dan New York Presbyterian Nasim Chowdhury.

Adapun gejala radang sendi lainnya dapat meliputi pembengkakan, kemerahan, penurunan rentang gerak, dan crepitus.

Sementara itu, seseorang dengan kondisi RA mungkin juga mengalami kelelahan, kantuk, dan kelemahan fisik. Kekakuan dan nyeri yang terus-menerus, khususnya di pagi hari dan berlangsung lebih dari satu jam, juga merupakan gejala umum RA, tambah Chowdhury.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa gejala spesifik ini tidak selalu disebabkan oleh radang sendi. Ada banyak penyebab potensial, termasuk keseleo, patah tulang, dan berbagai penyakit, seperti berbagai jenis kanker atau penyakit lyme.

“Lutut yang terkilir dan lutut rematik, misalnya, bisa terasa serupa,” kata Chowdhury.

"Aturan praktis yang baik adalah jika tidak ada perbaikan dengan modifikasi aktivitas, es dan peninggian sendi setelah dua sampai tiga minggu, masuk akal untuk mendapatkan evaluasi dari dokter untuk radang sendi."

Tips Pencegahan Radang Sendi

Mempertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko berkembangnya OA di lutut dan dapat menyebabkan artritis berkembang lebih cepat. Menjaga berat badan yang sehat tidak hanya dapat mengurangi risiko radang sendi, tetapi juga dapat mengurangi nyeri rematik dan meningkatkan fungsi sendi pada mereka yang sudah memiliki kondisi tersebut.

“Mempertahankan berat badan yang sehat sangat penting, dan selain manfaat kardiovaskular, dapat membantu menurunkan kemungkinan berkembangnya OA,” kata Chowdhury.

Mengikuti diet anti-inflamasi

Penelitian menunjukkan bahwa diet berperan dalam risiko pengembangan RA dan perkembangannya. Makanan tertentu dapat bermanfaat dalam menurunkan risiko radang sendi, sementara makanan lain dapat memiliki efek sebaliknya.

“Gula olahan bersifat pro-inflamasi, dan saya biasanya menyarankan pasien menjauh dari jenis makanan tersebut,” kata Chowdhury.

Selain gula, daging merah, makanan berkalori tinggi, dan karbohidrat olahan, garam juga dapat meningkatkan risiko peradangan atau memperparah peradangan yang sudah ada.

“Makanan seperti kunyit memiliki komponen anti-inflamasi dan mungkin merupakan pilihan yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet Anda,” tambah Chowdhury.

Makanan lain yang membantu melawan peradangan termasuk minyak tertentu, seperti minyak zaitun dan minyak biji rami, ikan berlemak, sayuran, buah jeruk, dan makanan pokok Mediterania lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Menggabungkan latihan berdampak rendah

Tulang rawan tidak dapat membangun kembali dirinya sendiri. Jadi, setelah terkikis, tidak dapat dipulihkan dengan olahraga. Namun, latihan ketahanan dapat meningkatkan kepadatan tulang yang dapat membantu melindungi persendian dari cedera.

“Olahraga sangat penting untuk mengelola osteoarthritis kronis,” kata ahli bedah ortopedi dari Baptist Health Orthopaedic Care di Florida Alexander Van der Ven.

"Setelah Anda membuat diagnosis tentang kondisi Anda, sangat penting untuk menemukan cara untuk tetap aktif dan mempertahankan fungsi fisik Anda, bahkan jika [itu berarti] hidup dengan rasa sakit pada tingkat tertentu," kata Van der Ven.

Berhenti merokok

Merokok meningkatkan risiko kanker, penyakit paru-paru dan penyakit jantung. Lebih dari itu, merokok juga merupakan faktor risiko RA. Merokok dapat memperburuk penyakit.

Sementara efek patogen yang tepat dari merokok pada RA masih belum pasti, hubungan antara merokok dan perkembangan RA ditunjukkan dalam penelitian. Sebuah studi 2020 terhadap 3.311 pasien RA (1.012 mantan perokok, 887 perokok saat ini, dan 1.412 yang tidak pernah merokok) menunjukkan bahwa perokok saat ini lebih cenderung memiliki aktivitas penyakit sedang atau tinggi dibandingkan dengan mantan dan tidak pernah merokok dan berhenti merokok dikaitkan dengan RA yang lebih rendah. aktivitas penyakit.

Merokok juga dapat mempersulit olahraga, yang merupakan bagian penting dalam mengelola gejala radang sendi.

Menghindari cedera dan trauma sendi

Sementara olahraga teratur penting untuk mengelola radang sendi, partisipasi dalam olahraga seperti sepak bola, sepak bola, lari jarak jauh, dan angkat berat dapat meningkatkan kemungkinan OA lutut karena risiko trauma sendi.

Tindakan seperti memutar dan melompat dapat menyebabkan tekanan berat pada sendi lutut yang bila terakumulasi selama bertahun-tahun dapat berperan dalam degenerasi sendi.

“Kita tahu bahwa tulang rawan dapat mengakomodasi beban yang diterapkan secara perlahan lebih baik daripada beban tumbukan yang dapat menyebabkan cedera jika di atas ambang tertentu,” kata Chowdhury.

“Dengan demikian… selama seseorang menghindari trauma, terlepas dari apakah ada penyakit yang sudah ada sebelumnya atau tidak, olahraga ringan tidak mempercepat osteoarthritis lutut dan sebenarnya berhubungan dengan fungsi fisik yang lebih baik serta pengurangan rasa sakit dan kecacatan,” lanjut Chowdhury.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.