Sukses

Ketahui 10 Manfaat Buah Rambutan Buat Kesehatan Tubuh

Rambutan kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah penyakit yang mungkin ditimbulkannya.

Liputan6.com, Jakarta Buah berbulu alias rambutan ternyata bukan hanya sekadar buah. Sebab, rambutan memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Melansir lifestyleasia.com, Senin (3/4/2023), buah rambutan berasal dari wilayah Melayu-Indonesia dan daerah tertentu lainnya di Asia Tenggara, pohon tropis berukuran sedang ini termasuk dalam famili Sapindaceae (leci, berangan kuda, dll). Buah berbulu lembut dan sarat dengan nutrisi ini baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Rambutan mengandung cukup banyak vitamin C, tembaga, besi, dan beberapa mineral lainnya yang memberikan manfaat bagi kulit, rambut, dan tulang. Sekitar 100 gram rambutan mengandung sekitar 84 kalori. Satu porsi buah ini mengandung 0,1 gram lemak dan 0,9 gram protein.

Sementara 100 gram buah ini juga mengandung 40 persen vitamin C dan sekitar 28 persen zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Manfaat rambutan untuk mata, kulit, rambut, dan lainnya

Rambutan kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah penyakit yang mungkin ditimbulkannya.

Penyakit tersebut termasuk kanker, peradangan, dan bahkan jantung. Kandungan vitamin tertentu yang melimpah dan rasanya yang lezat membuat buah ini wajib ada di piring seseorang.

1. Bermanfaat untuk kesehatan mata

Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Kekurangan buah ini dapat menyebabkan komplikasi ringan dan mempengaruhi kesehatan mata. Makan rambutan akan menjauhkan masalah ini. Buah tropis ini kaya dengan vitamin A dan C yang sangat baik untuk mata.

2. Bisa mencegah anemia

Anemia adalah masalah yang sangat umum di antara wanita menstruasi. Pada kondisi ini, seseorang merasa sangat lemas karena kehilangan eritrosit yang berlebihan. Rambutan bisa menjadi obat yang efisien untuk mencegah anemia. Buah ini mengandung banyak zat besi di dalamnya yang membantu dalam pembentukan eritrosit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat paling menakjubkan dari makan rambutan setiap hari adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Makan buah membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak merasa cepat lapar. Selain itu, juga membantu mengatur proses pencernaan dan memastikan bahwa jumlah karbohidrat yang lebih sedikit diubah menjadi lemak, melanjutkan upaya penurunan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Rambutan kaya akan serat yang berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Hipertensi dan kadar kolesterol tinggi juga dapat merusak jantung, tetapi makan buah ini setiap hari dapat memastikan bahwa masalah tersebut dapat dikendalikan dan jantung Anda sehat.

5. Bermanfaat untuk rambut

Polusi dan sinar matahari langsung dapat mengakibatkan pembentukan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak folikel rambut sehingga menyebabkan kerontokan rambut. Dalam hal ini, rambutan dapat membantu Anda menjaga kesehatan rambut. Vitamin C hadir dalam buah ini membantu dalam penebalan dan pertumbuhan rambut. Buah kaya antioksidan satu ini juga membantu memperkuat folikel dan akar rambut.

6. Meningkatkan energi

Rambutan dikonsumsi oleh banyak orang karena banyak manfaatnya termasuk khasiat penambah energinya. Buah berbulu ini mengandung banyak karbohidrat dan protein. Tubuh membutuhkan nutrisi tersebut untuk mendukung energi. Gula alami dalam buah ini juga bisa membantu meningkatkan energi.

7. Dapat mencegah kanker

Gaya hidup dan kebiasaan makan yang tidak sehat adalah alasan utama ada begitu banyak kasus kanker di seluruh dunia. Radikal bebas yang masuk ke tubuh menghancurkan sistem dengan memperkenalkan sel kanker.

Menyembuhkan kanker atau bahkan mendeteksinya pada stadium awal sangatlah sulit. Mengonsumsi buah-buahan seperti rambutan ini dapat mencegah pembentukan sel kanker. Sejumlah besar antioksidan dalam buah ini juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

8. Bermanfaat untuk kesuburan

Bagi pasangan yang sedang berusaha untuk hamil, makan rambutan bisa sangat bermanfaat. Buah ini kaya dengan vitamin C yang penting untuk generasi sperma yang sehat.

Resiko kejantanan atau kemandulan bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah ini. Karena kaya akan zat besi, rambutan juga menjadi camilan yang luar biasa untuk ibu hamil karena membantu menjaga kadar hemoglobin.

9. Baik untuk tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang yang baik, seseorang perlu mengonsumsi kalsium dan fosfor dalam jumlah yang baik. Oleh karena itu, rambutan sangat bermanfaat karena mengandung nutrisi tersebut. Jika seseorang makan buah ini setiap hari, mereka akan memiliki risiko lebih rendah terkena kondisi tulang seperti osteoporosis.

10. Membantu peningkatan kesehatan kulit

Mengonsumsi buah rambutan secara umum memiliki banyak manfaat dan menambahkan rambutan ke dalam campuran juga akan memastikan kulit Anda bercahaya.

Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi dan vitamin B3 yang membantu menjaga kulit tetap halus dan lembab. Vitamin C dalam rambutan mencegah kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan pembentukan jerawat, keriput, dan penyakit kulit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.