Sukses

Hindari 8 Frasa Beracun Ini agar Hubungan Tidak Bermasalah

Hindari ungkapan beracun yang perlahan bisa menghancurkan hubungan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Penghinaan yang berbahaya tentunya bukan hanya menyerang karakter seseorang, tetapi mengambil posisi superior atas mereka.

Saat berkomunikasi dengan cara ini, mungkin memperlakukan orang lain dengan tidak hormat, mengejek mereka dengan sarkasme atau menggunakan bahasa tubuh yang meremehkan seperti memutar mata atau mencemooh.

Ungkapan beracun yang perlahan bisa menghancurkan hubungan Anda. Jika Anda melihat salah satu dari frasa ini berasal dari Anda atau pasangan, hubungan artinya dalam masalah.

Melansir laman CNBC, hindari 8 frasa ini agar hubungan tidak bermasalah, Senin (28/2/2023).

1. "Kamu tidak pantas untukku”

Bahasa yang mencerminkan penghinaan mengomunikasikan kepada pasangan bahwa yakin dia kurang dari Anda, yang dapat merusak harga dirinya.

2. “Berhenti bertanya apakah saya baik-baik saja. Semuanya baik-baik saja.” (Ketika tidak)

Bahasa pasif-agresif ini membuat pasangan tidak membicarakan masalah mereka secara langsung dan terbuka. Hal ini mempersulit penyelesaian konflik, dan dapat membuat kedua belah pihak merasa tidak aman.

3. “Kamu menyedihkan”

Panggilan ini menyederhanakan seseorang menjadi satu atribut negatif daripada menghargai kerumitan yang sedang mereka rasakan. Hal yang bisa dikatakan sebagai gantinya “Saya tidak suka cara Anda menangani situasi itu.” Ungkapkan apa yang mereka lakukan yang tidak Anda sukai, dan mengapa hal itu mengganggu.

4. “Aku membencimu”

Bahasa yang mencerminkan perasaan Anda dalam momen emosional yang memanas tetapi tidak mewakili perasaan Anda dalam gambaran besar. Itu terlalu menggeneralisasi perasaan sesaat dan menciptakan rasa tidak aman bahkan di saat-saat indah. Pasangan Anda mungkin berpikir: “Apakah dia benar-benar mencintaiku sekarang jika dia mengatakan ‘Aku membencimu’ minggu lalu?”

5. “Kamu orang tua yang buruk.”

Bahasa yang mengeksploitasi kerentanan ini tidak hanya menyakitkan tetapi juga merusak kepercayaan dengan mengambil kelemahan seseorang dan menggunakannya untuk membuat diri Anda terlihat seperti orang yang lebih baik.

6. "Kamu gila.”Bahasa yang memanipulasi atau memelintir realitas dengan maksud membuat pasangan Anda meragukan diri mereka sendiri disebut “gaslighting”, dan merusak persepsi mereka tentang realitas. Ungkapkan apa yang tidak Anda sukai tentang tindakan pasangan Anda dengan cara yang konstruktif, daripada mencoba memanipulasi mereka untuk berperilaku seperti yang Anda inginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi Sehat

7. “Kamu sangat needy.”

Saat Anda menggunakan bahasa yang mengatakan bahwa pasangan Anda menyebalkan, mencekik, atau umumnya mengganggu Anda, itu menunjukkan bahwa kebutuhannya tidak penting.

8. “Saya sudah selesai.”

Bahasa yang mengancam akhir hubungan Anda — seperti “Saya pergi”, “Saya sudah selesai”, atau “Saya ingin putus” — menciptakan ketidakstabilan dan ketidakamanan.Pasangan Anda mungkin kesulitan untuk memercayai Anda jika Anda merasa berisiko melarikan diri, yang membatasi keintiman.

Bagaimana pasangan yang sehat berkomunikasi?

Berkomunikasi adalah keterampilan yang membutuhkan latihan dan upaya yang disengaja. Berikut adalah tiga hal yang dilakukan orang dalam hubungan yang sehat:

1. Gunakan pernyataan “Saya”: Bicaralah dari pengalaman Anda. Alih-alih berfokus pada pasangan Anda dan menunjukkan kesalahan atau kekurangannya, bicarakan tentang perasaan, persepsi, dan pengamatan Anda.

2. Ucapkan “terima kasih”: Komunikasikan hal-hal yang Anda sukai dan hargai tentang pasangan Anda sesering mungkin — ini akan membuat Anda merasa terhubung.

3. Bertanggung jawab: Minta maaf atas peran Anda dalam disfungsi hubungan dan berusahalah untuk menjadi diri Anda yang terbaik.

 

 

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.