Sukses

Ingin Jadi Pengusaha? Ini Resepnya Jika Ingin Sukses di Usia Muda

Perusahaan e-commerce milik Kim tersebut mengimpor streetwear dari Korea Selatan dan menjualnya ke seluruh Amerika Utara.

Liputan6.com, Jakarta Keluar dari perguruan tinggi pada usia 21 tahun dan memilih untuk menjadi pengusaha adalah hal yang berat dirasakan oleh Kevin Kim. Namun dari pengalaman tersebut, kini dia sukses menjadi bos di usia 30-an.

“Ibuku sedikit menangis,” kata Kim yang kini berusia 33 tahun, sambil tertawa.

Namun, kepercayaan dirinya tidak berdasar. Kim baru saja menjual perusahaan pertamanya yang dia mulai ketika baru berusia 18 tahun.Tentu hal ini bukan prestasi kecil, mengingat modal awalnya hanya USD 2.000. Saat itu ia mengumpulkan modal dengan menabung dari hasil pekerjaan paruh waktu.

Perusahaan e-commerce milik Kim tersebut mengimpor streetwear dari Korea Selatan dan menjualnya ke seluruh Amerika Utara.

“Setelah saya menjual perusahaan pertama saya, mudah untuk memutuskannya,” kata Kim, yang beremigrasi dari Korea Selatan ke Kanada sejak berusia 11 tahun seperti dilansir CNBC, Kamis (9/2/2023).

“Tidak ada visi atau keselarasan. Saya adalah seorang sarjana teknik sipil tetapi saya ingin menciptakan layanan dan produk untuk audiens yang berbeda,” tutur dia.

Kim kemudian menghabiskan hampir 10 tahun membangun produk digital untuk startup dan perusahaan lain, sebelum menjelajah sendiri pada tahun 2020 dengan Stadium Live — aplikasi metaverse untuk penggemar olahraga.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan avatarnya sendiri, membeli barang koleksi digital, bergaul dengan penggemar lain di ruang virtual, ikut serta dalam siaran langsung olahraga interaktif, atau bermain game mini.

Startup ini telah mengumpulkan USD 13 juta sejauh ini, termasuk pendanaan Seri A yang dipimpin oleh 35 Ventures bintang NBA Kevin Durant, Origins Fund juara Piala Dunia Blaise Matuidi dan Dapper Labs Ventures.

Dari kesuksesannya tersebut, Kevin pun berbagi tips suksesnya. Jadi, inilah tips-tips dari Kim yang bisa dicoba para pemuda jika ingin sukses berbisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Sukses Bisnis

1. Kesesuaian pasar-pendiri

Sudah umum bagi pengusaha untuk menghubungkan kesuksesan startup dengan menemukan kecocokan produk-pasar yang baik.

Namun bagi Kim, apa yang dia sebut sebagai “kesesuaian pasar-pendiri” itu lebih penting. Maksudnya, seorang pendiri sangat bersemangat dengan apa yang dia bangun.

“Mencapai product-market fit sangat sulit, butuh waktu bertahun-tahun. Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apakah saya benar-benar menyukai apa yang saya lakukan? Apakah saya sangat menyukai industri ini? Bisakah saya melihat diri saya membangun ini selama 10 tahun?” tuturnya.

Kim berkata dia tahu bahwa dirinya ingin membangun produk di empat bidang, yaitu olahraga, game, musik, dan mode.

“Saya tahu pendiri yang, misalnya, meluncurkan startup SAS dengan akuntansi, tetapi mereka bahkan tidak masuk ke akuntansi,” kata Kim.

“Mereka dapat masuk ke dalamnya dan menghasilkan uang, tetapi mereka kehabisan tenaga lebih cepat daripada pendiri lain yang memiliki kecocokan pasar-pendiri,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

2. Menutup celah

Namun demikian, kecocokan produk-pasar masih penting untuk kesuksesan bisnis, kata Kim.

Dia menuturkan, “Tanpa kecocokan pasar produk, Anda tidak akan dapat bertahan sebagai bisnis karena tidak ada permintaan atau penawaran nyata antara produk Anda dan audiens.”

Pemenuhan kebutuhan konsumen memungkinkan kesuksesan perusahaannya. Faktanya, Kim memulai bisnis e-commerce pertamanya karena dia ingin menemukan pakaian yang sesuai dengan “gaya dan ukurannya”.

“Saya tidak pernah bisa melakukan itu dengan merek di AS dan Kanada pada saat itu,” katanya.

“Ini benar-benar dimulai sebagai hobi dan kebutuhan pribadi. Saya segera melihat bahwa orang lain memiliki kebutuhan yang sama,” tambah dia.

Itu juga berlaku untuk Stadium Live. Kim memperhatikan bahwa industri olahraga berfokus pada pembuatan produk untuk demografi terbatas “penggemar milenial atau yang lebih tua”.

“Saya dapat melihat mereka semua berfokus pada konten satu dimensi dan membangun ke arah taruhan. Ini adalah kesempatan yang menarik bagi saya untuk melihat generasi penggemar berikutnya dan berpikir ‘siapa yang membangun untuk penggemar ini?’” katanya.

“Mereka belum punya uang, mereka mengonsumsi olahraga dengan cara yang sama sekali berbeda, mereka ingin berinteraksi dengan orang lain dalam komunitas dan mereka menginginkan sesuatu yang baru.”

Ide Kim tampaknya terbayar karena Stadium Live mengumpulkan lebih dari 750.000 pengguna yang “menghabiskan lebih dari satu jam sehari di platform”, kata perusahaan itu.

Kim mengungkapkan, Stadium Live kini telah bernilai sekitar USD 32 juta.

 

 

4 dari 4 halaman

3. Jangan mengabaikan budaya perusahaan

Menurut Kim, menetapkan visi yang kuat dan seperangkat nilai untuk tim itu “sangat penting”.

“Mengapa orang-orang berbakat harus bergabung dengan perusahaan Anda dan tumbuh bersama Anda? Pertanyaan ini tidak bisa dijawab hanya dengan produk yang Anda bangun, tetapi juga perusahaan dan budaya yang Anda bangun,” tambahnya.

Pentingnya budaya perusahaan tidak dapat diremehkan, Kim menekankan, jika seseorang ingin membangun “perusahaan jangka panjang yang ikonik”.

“Saya melihat ini secara langsung ketika saya menjadi karyawan kelima dan melihat perusahaan tumbuh menjadi 50. Budaya berubah dengan sendirinya setiap kali ukuran perusahaan berlipat ganda,” tambahnya.

“Jadi itu adalah sesuatu yang harus Anda atur dan pikirkan sejak dini. Karena begitu Anda mencapai 10 orang — pada saat itu, sudah hampir terlambat.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.