Sukses

Apel Hijau Versus Apel Merah, Manakah yang Lebih Sehat?

Liputan6.com, Jakarta Buah apel yang mengandung vitamin dan menyehatkan tubuh terdiri dari beragam jenis warna. Namun, biasanya masyarakat lebih mengenal apel berwarna hijau dan merah. Di antara keduanya, manakah yang lebih menyehatkan?

Pertanyaan itu mungkin pernah terbesit di pikiran Anda. Ternyata dua warna dari buah apel tersebut memberikan manfaat yang berbeda.

“Apel hijau rasanya asam dan kulitnya tebal sehingga lebih renyah. Apel merah, sebaliknya, manis, berair, dan berkulit tipis. Karena manisnya, orang lebih suka apel merah daripada apel hijau,” tulis seorang Ahli Diet Shikha Kumari dalam postingan akun Instagram pribadinya seperti melansir The Indian Express, Jumat (2/12/2022).

Sementara terkait kandungan nutrisinya, ada sedikit perbedaan antara kedua jenis apel tersebut. Apel hijau adalah sumber vitamin A, B, C, E, K, dan lebih baik dibandingkan dengan rekannya itu alias apel merah.

Selain itu, apel hijau juga mengandung lebih banyak zat besi, kalium, dan protein. Sesuai beberapa penelitian, apel hijau baik dikonsumsi khususnya bagi seseorang yang mencoba mengurangi berat badan.

“Jika Anda mencoba mengurangi asupan gula secara keseluruhan, lebih baik beralih ke apel hijau. Apel merah, sebaliknya, mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih enak,” tambah Kumari.

Manakah yang Lebih Sehat?

“Pada dasarnya, apel hijau sama baiknya jika tidak lebih bermanfaat daripada apel merah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, apel merah lebih merupakan makanan pokok rumah tangga, oleh karena itu kemungkinan untuk mengkonsumsinya lebih tinggi. Oleh karena itu dalam jangka panjang, baik apel hijau maupun apel merah akan memiliki efek yang sama pada tubuh meskipun apel hijau memiliki profil nutrisi yang sedikit lebih baik,” ungkap Kumari.

Mengomentari profil gizi, ahli gizi dan pelatih makanan Anupama Menon mengatakan bahwa karena hanya ada sedikit perbedaan nutrisi, tidak banyak manfaat gizi apel hijau yang tidak dapat ditiru oleh apel merah.

“Hanya ada manfaat kesehatan terkait vitamin A, karena apel hijau mengandung vitamin A kira-kira dua kali lebih banyak daripada apel merah. Hasilnya, apel hijau akan menjadi sumber yang lebih manjur untuk meningkatkan penglihatan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko jerawat, dan meningkatkan kesehatan tulang,” jelas Menon.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS