Sukses

Selain Jadi Rempah Memasak, Kayu Manis juga Bermanfaat Buat Kesehatan

Bagi yang ingin tahu, inilah empat manfaat kayu manis buat kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kayu manis juga dikenal sebagai "Tvak" di dalam bahasa Sansekerta. Rempah satu ini selain dijadikan pelengkap masakan, juga kaya manfaat untuk kesehatan.

Dalchini atau kayu manis adalah elemen yang sangat berharga dalam perawatan holistik Ayurveda dan bahkan pengobatan Tiongkok kuno. Sebab, kayu manis memiliki kemampuan penyembuhannya yang ajaib.

Bagi yang ingin tahu, inilah empat manfaat kayu manis buat kesehatan tubuh seperti dilansir dari Pinkvilla, Senin (31/10/2022).

1. Meredakan Pilek dan Batuk

Kualitas menusuk kayu manis dianggap mampu mencairkan lendir atau dahak. Selain itu, rempah satu ini juga bertindak sebagai ekspektoran dan membantu tubuh melepaskan lendir.

Sementara itu, bubuk atau minyak kulit kayu memiliki sifat antituberkular yang kuat dan sangat baik untuk mengobati batuk, pilek, asma, sakit kepala, dan TBC. Untuk meredakan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan, minumlah kadha yang terbuat dari air hangat, batang kayu manis, beberapa tetes madu, dan sejumput jus jahe dua hingga tiga kali setiap hari.

2. Mengontrol Diabetes

Dalam pengobatan Ayurveda tradisional untuk mengendalikan diabetes tipe 2, kayu manis sangat penting. Bahan satu ini dapat mengontrol produksi insulin tubuh, hormon utama yang terkait dengan diabetes.

Selain itu, temuan menunjukkan bahwa dapat juga menurunkan tingkat resistensi insulin tubuh dan akibatnya menurunkan kadar gula darah. Pil kayu manis atau sejumput kayu manis yang ditambahkan ke makanan dapat secara signifikan meningkatkan seberapa baik tingkat glikemik Anda dipertahankan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menyembuhkan Arthritis

Dengan analgesik yang kuat dan efek penghilang rasa sakit, bumbu ajaib ini mengurangi sitokin yang terkait dengan nyeri rematik dan memberikan bantuan yang signifikan dari rasa sakit dan peradangan dalam kasus rheumatoid dan osteoarthritis dan nyeri sendi. Ini digunakan untuk mengobati gangguan rematik, kejang otot yang parah, nyeri otot, dan masalah peradangan lainnya karena merupakan vasodilator alami.

4. Pengobatan Kandidiasis

Banyak gangguan mikrobiologis, seperti candida, kurap, kutu air, dan lain-lain, dapat berhasil diobati dengan menggunakan kualitas anti-bakteri dan anti-jamur yang kuat. Kebanyakan orang menemukan bahwa rempah-rempah ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bila diberikan secara topikal dalam bentuk minyak esensial encer selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan terhadap infeksi bila dikonsumsi sebagai teh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.