Sukses

Seorang Introvert Bisa Jadi Master Networkers dengan Bekal 7 Poin Ini, Disimak Ya!

Di sisi lain, sebetulnya juga tidak ada yang salah dengan memiliki kepribadian introvert. Bukan berarti pula Anda tidak bisa sukses berkarier.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seorang introvert, memulai percakapan dengan orang asing di acara yang ramai mungkin terdengar seperti mimpi buruk. Padahal pada momen itu Anda bisa memperbanyak relasi atau jaringan. Mau tidak mau, Anda harus menguasai keterampilan tersebut.

Seperti kisah Jevonya Allen seorang introvert yang menggambarkan dirinya sendiri. Allen yang telah menjadi pelatih jaringan selama lebih dari lima tahun mengatakan bahwa masih ada orang yang sering meremehkan introvert.

“Kami tidak memperoleh kepuasan dalam hidup dari menjadi orang No. 1 di ruangan yang menginginkan semua perhatian, dan masyarakat mengatakan itu tidak baik. Itu membuat kita berpikir bahwa kita adalah masalah atau bahwa kita tidak normal,” kata Allen dilansir CNBC, Jumat (30/9/2022).

Di sisi lain, sebetulnya juga tidak ada yang salah dengan memiliki kepribadian introvert. Bukan berarti pula Anda tidak bisa sukses berkarier.

Dia mengutip Mark Zuckerberg, Bill Gates dan Warren Buffett sebagai contoh, mencatat bahwa kekuatan introvert sering kali mencakup kualitas mendengarkan, pemecahan masalah yang efektif dan kemampuan untuk menghindari keputusan impulsif.

Meskipun jaringan mungkin bukan pilihan terbaik, Allen mengatakan itu adalah keterampilan yang harus Anda miliki dalam beberapa langkah kecil. Jika sulit membangun, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Buat afirmasi untuk diri sendiri

Pernyataan kecil yang memperkuat pikiran positif tentang diri Anda dapat membantu menyingkirkan pikiran negatif dari waktu ke waktu, kata Allen.

Contoh, dibanding mengatakan “Saya seorang introvert yang tidak selalu suka bersosialisasi, dan itu tidak masalah”, lebih baik katakan “Saya tidak sempurna dalam berjejaring, tetapi saya berusaha meningkatkan setiap hari”.

Allen menyarankan untuk menuliskan afirmasi Anda dalam jurnal, kartu indeks atau bahkan di ponsel. Bacalah sesering mungkin, terutama ketika Anda memiliki pikiran negatif. Hasilnya, kata Allen, Anda akan mulai membawa diri Anda dengan lebih percaya diri dan itu akan menarik lebih banyak orang kepada Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memiliki strategi untuk acara networking

Anda mungkin menghindari menghadiri acara networking dengan sekelompok besar orang, padahal itu cara yang bagus untuk membuat koneksi bisnis, kata Allen.

Untuk meredakan stres, mintalah teman kerja dekat untuk datang sehingga Anda dapat saling membantu menavigasi acara atau bahkan mendekati orang asing bersama jika itu lebih nyaman, saran Allen. Cobalah untuk menjadwalkan acara networking ketika Anda memiliki cukup energi untuk melakukan sesuatu. Pertimbangkan untuk menghindari acara tepat setelah bekerja, ketika Anda mungkin terlalu lelah untuk mengerahkan upaya terbaik Anda.

Allen juga menyarankan untuk membuat tujuan spesifik guna membantu Anda memaksimalkan kehadiran. Itu mungkin berarti tinggal di tempat selama setidaknya satu jam atau mendapatkan informasi kontak dari setidaknya dua orang sebelum acara berakhir.

3. Jadwalkan satu lawan satu

Setelah Anda membuat koneksi bisnis baru tersebut, langkah selanjutnya adalah menjadwalkan pertemuan satu lawan satu dengan mereka. Allen menyarankan untuk bertemu setidaknya satu koneksi jaringan setiap minggu, masing-masing selama sekitar 30 menit. Mengenal koneksi baru Anda dengan lebih baik akan membantu Anda membangun jaringan yang dapat membantu memajukan karir atau bisnis Anda, katanya.

Cobalah mempersiapkan beberapa pertanyaan terlebih dahulu untuk membuat percakapan lebih mudah, saran Allen. Fokus untuk belajar lebih banyak tentang pengalaman, bidang pekerjaan, dan saran apa yang mungkin dibagikan kepada Anda. Bersiaplah untuk berbagi informasi tentang diri Anda dan tujuan karir Anda. Anda akan mengetahui apakah Anda dapat bekerja sama atau membantu satu sama lain dalam beberapa cara, kata Allen.

 

3 dari 4 halaman

4. Membiasakan diri agar tetap terhubung

Selalu menindaklanjuti setelah saling mengenal dan terhubung dengan seseorang di sebuah acara atau pertemuan empat mata dapat membuat Anda menonjol, kata Allen. Ini adalah langkah sederhana yang dapat membuat orang lain mengingat Anda secara positif.

Kirim email, pesan teks, atau catatan tulisan tangan yang berterima kasih kepada mereka karena telah terhubung dengan Anda, dan memulai pertemuan lain atau memberi tahu mereka bahwa Anda akan menghubungi lagi di masa mendatang. Biasakan untuk mengirim pesan tindak lanjut tersebut dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah terhubung, kata Allen.

5. Manfaatkan media sosial

Media sosial tidak dapat sepenuhnya menggantikan jaringan secara langsung, tetapi ini adalah alternatif gratis dan “rendah energi” yang masih memungkinkan Anda untuk membuat koneksi dan mempromosikan karier dan bisnis Anda, kata Allen.

Beberapa platform mungkin lebih berguna daripada yang lain. Misalnya, ada yang aktif di Twitter, ada juga yang mungkin sering mengunggah konten di LinkedIn. Setelah Anda memilih platform, Allen menyarankan untuk secara teratur menjangkau koneksi baru yang potensial.

Setelah Anda terhubung dengan seseorang, kirimkan pesan langsung kepada mereka sebagai ucapan terima kasih karena telah terhubung dengan Anda dan menjelaskan mengapa Anda ingin terhubung, katanya. Kemudian, tetap aktif di platform tersebut, seperti mengunggah konten secara teratur tentang proyek Anda yang sedang berlangsung atau komentari postingan orang lain.

 

4 dari 4 halaman

6. Perhatikan nama relasi

Mengingat nama orang dan mengucapkannya dengan benar adalah cara sederhana untuk membuat kesan abadi yang luar biasa pada seseorang, kata Allen. Dia mengakui bahwa itu bisa sulit, jadi dia memiliki beberapa strategi tentang apa yang harus dilakukan setelah seseorang memperkenalkan diri kepada Anda.

Tanyakan kepada mereka bagaimana cara mengucapkan nama mereka dengan benar, dan ulangi kembali untuk memudahkan pikiran Anda mengingatnya. Temukan beberapa peluang untuk menggunakan nama mereka dalam percakapan Anda dengannya. Dia menambahkan, cara ini dapat membuat Anda lebih menarik sekaligus meningkatkan peluang Anda untuk mengingatnya.

7. Jangan lupa berikan senyuman

Tersenyum mungkin tidak tepat dalam semua situasi, tetapi Allen menyarankan untuk lebih sering tersenyum selama percakapan dengan koneksi baru. Itu akan membuat Anda tampil lebih percaya diri, katanya.

Sebuah studi tahun 2013 oleh para peneliti di Swiss menampilkan wajah yang berbeda dengan kebahagiaan yang berbeda-beda kepada sekelompok peserta. Mereka menemukan bahwa peserta lebih menyukai wajah dengan senyum yang lebih kuat.

“Semua orang menghargai senyuman itu,” kata Allen. “Saya ingin lebih banyak introvert untuk keluar dan menunjukkan senyum Anda karena itu hanya akan membantu Anda membuat koneksi yang Anda inginkan.”

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.