Sukses

Dari Beragam Jenis Roti, Mana yang Paling Sehat? Temukan Jawabannya

Ya, memang benar bahwa roti dapat menjadi bagian dari diet seimbang dan karbohidrat sangat penting untuk kesehatan yang baik, katanya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua jenis roti memiliki manfaat untuk tubuh. Jadi, khususnya yang sedang dalam program diet, ketahuilah jenis roti yang sehat sehingga mendukung kesehatan Anda.

“Saya melihat banyak klien yang berpikir bahwa mereka tidak boleh makan roti, yang menyedihkan bagi saya karena roti adalah sumber biji-bijian yang bagus,” kata Natalie Mokari, ahli diet yang berbasis di Charlotte, North Carolina seperti dilansir CNN, Rabu (28/9/2022).

Ya, memang benar bahwa roti dapat menjadi bagian dari diet seimbang dan karbohidrat sangat penting untuk kesehatan yang baik, katanya.

Jika ingin mendapatkan dua hingga tiga porsi biji-bijian setiap hari, Anda bisa mendapatkannya dari roti. Bahkan roti dapat mencegah diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker kolorektal, pankreas, dan lambung, menurut sebuah studi tahun 2017.

“Kita membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi,” kata Mokari. “Karbohidrat adalah makanan otak. Jika Anda perhatikan, setiap kali Anda tidak memiliki karbohidrat, Anda merasa sangat lesu, Anda mungkin memiliki kabut otak, Anda hanya tidak memiliki banyak energi.”

Jika Anda mencari roti yang paling sehat, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis yang dibeli, apa makanan tambahannya, dan seberapa seimbang hubungan dengan roti, kata Mokari.

Sesuaikan Pilihan

Jenis roti yang paling bergizi tergantung dari apa yang Anda cari.

“Penting untuk menentukan tujuan kesehatan Anda,” kata salah satu ahli diet Steph Grasso.

Namun, roti gandum menawarkan lebih banyak vitamin, biji-bijian dan serat, serta memiliki lebih sedikit dampak negatif pada gula darah. Hal itulah yang dapat membantu orang memiliki resistensi insulin, kata Mokari.

Akan tetapi, beberapa orang memiliki preferensi yang kuat untuk roti putih. Jadi, makanlah, kata Mokari.

Bagi mereka yang memiliki kekhawatiran tentang kesehatan usus atau yang ingin rasa roti putih tanpa tingkat pemurnian yang sama, dia menyarankan untuk mencoba sourdough. Sourdough difermentasi dengan sebuah proses yang dapat membantu usus mikrobioma.

Di luar jenis roti, Mokari menyarankan untuk melihat cara pembuatannya. Carilah bahan-bahan sederhana, seperti tepung, air, garam, dan ragi, katanya, terutama karena mudah untuk menyelundupkan kadar gula dan natrium yang lebih tinggi ke dalam produk roti.

Jika Anda mencari lebih banyak serat, biji-bijian utuh adalah solusinya, kata Grasso. Sementara untuk sedikit tambahan serat, carilah roti dengan biji di bagian kulitnya, katanya lebih lanjut.

Sementara itu, roti yang rendah karbohidrat biasanya memiliki lebih banyak bahan tambahan dan tidak perlu membuatnya terasa lebih enak, katanya.

“Tetapi saya menghormati keinginan orang-orang jika mereka benar-benar merasa bahwa rendah karbohidrat adalah yang terbaik untuk mereka,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahkan Makanan Lain

Jika Anda khawatir dengan gula darah, roti bisa menjadi bagian dari makanan seimbang jika Anda menambahkan lemak dan protein yang sehat, kata Mokari.

Karbohidrat seperti yang ada dalam roti dapat memberi Anda energi yang cepat habis jika dimakan sendiri. Karena itu, Anda bisa menambahkan protein dan lemak yang akan membantu menjaga momentum Anda tetap terjaga, kata Grasso.

“Apakah itu gandum utuh atau roti putih, saya akan mendorong seseorang untuk selalu memiliki protein dan lemak di dalamnya,” tambah Mokari.

Misalnya, jika Anda membuat sarapan, coba padukan roti panggang dengan telur, alpukat, atau selai kacang, tambahnya.

Seperti Grasso, jika dia makan salad dengan protein untuk makan malam, dia selalu menambahkan karbohidrat, seperti sepotong roti untuk dimakan.

"Ini tentang keseimbangan," kata Grasso. "Pada akhirnya itu akan memberi Anda energi - itu akan membuat Anda merasa baik."

Pilih Sesuai Keinginan

Ketahui roti yang cocok untuk Anda. Harga roti bisa sangat bervariasi, tetapi Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran.

“Mewah tidak berarti selalu lebih baik,” kata Grasso.

Sementara itu, jika Anda menyukai roti, makanlah dengan cara yang Anda sukai.

Mungkin ada beberapa kecemasan seputar makanan kaya karbohidrat seperti roti, karena budaya diet telah membuat banyak orang berpikir bahwa itu membuat orang bertambah gemuk, kata Grasso. Tetapi karbohidrat memiliki tujuan yang penting, dan tanpanya Anda mungkin akan merasa lesu, tambahnya.

“Singkirkan stigma itu dari roti dan makanan berkarbohidrat lain yang dianggap jahat dan sertakan itu sebagai bagian dari diet seimbang,” kata Mokari.

"Anda harus merawat tubuh Anda dengan baik," kata Grasso. “Lebih sehat untuk memiliki pola pikir yang tidak membatasi dan menyeimbangkannya sepanjang hari Anda.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.