Sukses

Tips menghadapi Masalah Jerawat Hormonal Ala Dokter Kulit

Begini solusi merawat kulit yang berjerawat menurut dokter kulit.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat hormonal adalah jerawat yang berasal dari perubahan hormonal di masa dewasa, mengakibatkan segala macam noda, komedo, whiteheads dan kista menyakitkan.

Sementara semua jerawat disebabkan oleh hormon sampai batas tertentu dan orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin dapat menderita jerawat hormonal - biasanya istilah "jerawat hormonal" mengacu pada peradangan jerawat dewasa yang muncul (atau memburuk) pada wanita dewasa antara usia 20 tahun. dan 50.

Jerawat dewasa jauh lebih umum daripada yang Anda kira. “Faktanya, 54% wanita dewasa dan 40% pria dewasa menderita jerawat, dan banyak di antara mereka yang tidak memiliki riwayat jerawat saat remaja.

Melansir laman goodhousekeeping, Selasa (4/10/22). Berikut adalah beberapa solusi potensial tambahan oleh dokter kulit 

1. Mulailah rutinitas perawatan kulit yang konsisten.

Tempat terbaik untuk mulai menangani dan mencegah jerawat hormonal adalah dengan mencuci muka satu sampai dua kali sehari dengan sabun muka untuk jerawat, menahan diri dari menggosok keras dan menghindari memencet atau memencet jerawat.

Juga, jaga kebersihan rambut Anda dan cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda jika tidak perlu.

Setiap rutinitas perawatan kulit jerawat yang efektif dimulai dengan mencuci wajah Anda dengan lembut. Anda dapat menggunakan pembersih yang mengandung bahan pelawan jerawat, atau memilih pembersih berbusa lembut diikuti dengan perawatan topikal terpisah.

Pembersih yang mengandung bahan pengelupasan seperti asam salisilat atau asam laktat akan membantu pengelupasan kulit dan mencegah pori-pori tersumbat, dan paling baik untuk mereka yang mengalami komedo putih atau komedo ringan, pencuci muka dengan bakteri permukaan target benzoil peroksida dan paling baik untuk jerawat merah dan meradang.

Dokter merekomendasikan produk dengan konsentrasi 10% karena mereka duduk di kulit hanya untuk waktu yang singkat, jadi konsentrasi yang lebih tinggi memberikan peluang penetrasi yang lebih baik ke dalam folikel sebelum itu. dibersihkan dari kulitnya. 

2. Coba resep retinoid

Retinoid adalah pemain kunci dalam setiap rejimen perawatan kulit, tetapi terutama untuk jerawat. Krim retinol dapat “mengatur pengelupasan kulit, mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak yang semuanya akan berdampak positif pada jerawat.

suplemen dapat membantu.

Jika Anda tidak nyaman mencoba obat resep, ada beberapa vitamin dan suplemen yang berpotensi membantu mengobati jerawat hormonal. Pertama: Nicotinamide, suatu bentuk vitamin B3 yang dapat membantu jerawat karena efek anti-inflamasiny

 

 

3. Cobalah resep obat oral

 Salah satu pilihan yang direkomendasikan dokter adalah spironolactone, obat tekanan darah oral yang membantu menurunkan produksi dan sekresi minyak.

Ada juga beberapa kontrasepsi oral yang juga disetujui lembaga berwenang untuk mengobati jerawat hormonal dan kadang-kadang diresepkan bersamaan dengan spironolakton. Mereka bekerja dengan mengatur hormon Anda dan menurunkan testosteron, yang dapat mengurangi jerawat yang dipicu oleh hormon.

4. Lihat apakah vitamin atau suplemen dapat membantu

Ada beberapa vitamin dan suplemen yang berpotensi membantu mengobati jerawat karena efek anti-inflamasinya. Suplemen seng telah terbukti mengurangi jerawat.

5. Sesuaikan pola makan

Faktor terbesar penyebab jerawat orang dewasa adalah hormon, stres, dan diet. Makanan dengan indeks yang memiliki kandungan gula atau pati yang tinggi  meningkatkan kadar gula darah yang memicu peradangan dan produksi minyak.

Secara khusus, susu sapi (terutama susu skim), protein whey, dan suplemen vitamin B12 semuanya dikaitkan dengan peningkatan jerawat, sebaliknya tetaplah menggunakan biji-bijian daripada gula olahan, dan pertimbangkan alternatif susu sapi, seperti susu almond atau oat,” sarannya.

6. Cobalah untuk mengurangi tingkat stres 

Dokter merekomendasikan untuk menemukan outlet yang mengurangi stres, seperti yoga atau meditasi. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat yang Anda butuhkan setiap malam.

Selain itu, jika Anda mencari cara lain untuk mengobati jerawat secara alami, bahan-bahan seperti minyak pohon teh dapat membantu, meskipun ini mungkin pilihan yang lebih baik jika Anda hanya menangani jerawat ringan hingga sedang, daripada jerawat kistik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini