Sukses

6 Minuman Detoks Berguna Untuk Kesehatan Khususnya Membersihkan Hati

Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh salah satunya bisa dengan minuman. Khususnya hati, organ tersebut berperan penting dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Detoksifikasi adalah tentang mengistirahatkan, membersihkan, dan memberi nutrisi pada tubuh dari dalam ke luar. Dengan menghilangkan racun dan memberi nutrisi pada tubuh, detoksifikasi dapat membantu melindungi diri dari penyakit dan memperbarui kemampuan Anda untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Lalu, bagaimana caranya detoksifikasi tubuh?

Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh salah satunya bisa dengan minuman. Khususnya hati, organ tersebut berperan penting dalam tubuh.

Meskipun sebagian besar merawat dirinya sendiri, seseorang dapat membantu menjaga kesehatan hati dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Akan tetapi, beberapa jenis minuman pun bisa jadi alternatif untuk detoksifikasi.

Berikut daftar minuman detoksifikasi hati menurut Medical News seperti melansir laman guardian.ng, Jumat (15/7/2022).

Kopi

Kopi baik untuk hati. Khususnya kopi ini dianggap mampu melindungi tubuh khususnya hati terhadap beberapa masalah, seperti penyakit hati berlemak.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang muncul di Journal of Clinical Gastroenterology, efek perlindungan kopi itu karena pengaruhnya terhadap enzim hati. Jurnal tersebut melaporkan bahwa kopi tampaknya mengurangi penumpukan lemak di hati.

Selain itu, kopi juga dianggap mampu meningkatkan antioksidan pelindung di hati. Senyawa dalam kopi bahkan juga membantu enzim hati membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker.

Minuman jahe dan lemon

Minuman jahe dan lemon merupakan salah satu minuman detoks klasik yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Tidak hanya mendetoksifikasi tubuh, tetapi juga mempercepat proses penurunan berat badan.

Ramuan ini membantu meredakan kembung, meningkatkan metabolisme, dan mencegah penyakit.

Minuman gandum

Oat kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang membantu membersihkan usus dan hati serta membantu pencernaan. Sebuah studi tahun 2017 dari International Journal of Molecular Sciences melaporkan, beta-glukan dari gandum tampaknya membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan di hati pada tikus.

Jadi, minuman oatmeal menjadi minuman detoks yang sempurna guna membantu membuang racun dari tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minuman Lainnya

Minuman kunyit

Digunakan selama berabad-abad dalam Ayurveda, kunyit adalah bumbu yang kuat. Tidak hanya berguna untuk masakan, khasiat kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan racun dalam tubuh kita adalah dengan minum teh kunyit setiap hari.

Teh hijau

Sebuah studi tahun 2015 di World Journal of Gastroenterology mencatat bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan, melawan stres oksidatif , dan mengurangi tanda-tanda lain penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD).

Minuman jeruk bali

Studi dari World Journal of Gastroenterology menyebutkan bahwa jeruk bali termasuk makanan yang bermanfaat. Grapefruit mengandung dua antioksidan utama, yaitu naringin dan naringenin.

Selain itu, minuman satu ini juga dapat membantu melindungi hati dari cedera dengan mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel hati. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi penumpukan lemak di hati dan meningkatkan enzim yang membakar lemak. Ini mungkin menjadikan jeruk bali sebagai alat yang berguna dalam memerangi NAFLD.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.