Sukses

6 Rekomendasi Makanan Bantu Memperlambat Penuaan Wajah, Mau Tahu?

Liputan6.com, Jakarta Stres bisa mempercepat penuaan wajah. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan terlalu stres menjalani hidup demi menghindari penuaan dini.

Selain stres, bahan kimia yang digunakan dalam produk kaki yang digunakan dan terutama makanan kemasan juga berdampak buruk bagi kesehatan dan membuat wajah rentan terhadap penuaan.

Ahli Gizi Anjali Mukerjee membahas masalah penuaan melalui akun Instagram milik pribadinya.

“Kita menghadapi serangan lingkungan terbesar dalam sejarah umat manusia. Penyakit & penuaan tidak bisa dihindari - kecuali jika Anda memilih makanan dengan bijak. Tidak ada yang membuat sel Anda awet muda, bersemangat, dan bebas penyakit seperti makan buah & sayuran segar. Mereka memiliki dampak antipenuaan yang besar pada kesehatan kita secara keseluruhan,” katanya, dilansir dari Hindustan Times, Rabu (18/5/2022).

Namun, dia mencatat enam makanan yang dianggap membantu memperlambat penuaan. Lantas, apa saja makanan tersebut?

Berdasarkan informasi yang dibagikannya, berikut ini enam makanan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan wajah.

 

2 dari 2 halaman

Daftar Makanan

1. Kubis : Kubis, sebagai sayuran silangan, kaya akan Indole-3-carbinol yang membantu mengoreksi dominasi estrogen dalam tubuh dan terdiri dari kemampuan anti-penuaan.

2. Wortel : Sayuran ini adalah sumber nutrisi. Wortel membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini lebih lanjut membantu dalam mengurangi risiko kanker.

3. Anggur : Anggur sarat dengan antioksidan yang kuat dapat membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh.

4. Bawang : Bawang, seperti bawang putih, memiliki sifat anti-penuaan yang kuat. Mereka juga kaya akan quercetin yang membantu dalam anti-inflamasi. Selain itu, bawang juga membantu mengencerkan darah dan meningkatkan kolesterol baik.

5. Tomat : Tomat sarat dengan likopen merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi kesehatan otak dan memiliki sifat anti-kanker dan anti-penuaan.

6. Bayam : Bayam mengandung lutein yang memiliki sifat anti-penuaan dan membantu meningkatkan kesehatan mata. Bayam juga mengandung asam folat yang membantu dalam perbaikan DNA. Ini lebih lanjut membantu dalam memperlambat proses penuaan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati