Sukses

Kenali Jenis Asam yang Ada di Produk Perawatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kandungan yang terdapat di dalam produk perawatan kulit adalah beragam jenis asam. Bila seseorang tidak mengetahui jenis serta penggunaannya, mungkin suatu saat dapat menimbulkan masalah pada kulit.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengetahui apa saja jenis asam yang sering terkandung di dalam produk perawatan kulit. Mulai asam hidroksida, poli-hidroksi, dan lain-lain.

Melansir laman Lifestyle Asia, Senin (24/01/2022), berikut ini jenis-jenis asam yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

1. Asam Glikolat (AHA)

Asam ini termasuk dalam sejenis asam alfa-hidroksi (AHA) yang berasal dari tebu. Selain itu, kandungan AHA ini juga merupakan yang paling sering digunakan sebagai eksfoliator kimia dalam pembersih dan toner.

Biasanya AHA sering dipasangkan dengan asam salisilat, zat umum lain yang digunakan untuk pengelupasan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

2. Asam Poli-hidroksida (PHA)

Asam ini memiliki nama lain gluconolactone. Sayangnya jenis asam ini mungkin tidak terlalu dikenal dibanding AHA atau beta-hidroksida (BHA).

Meskipun demikian, asam ini masih termasuk sebagai bahan perawatan kulit yang efektif. Justru PHA lebih lembut daripada asam lainnya. Jadi, asam ini adalah pilihan yang tepat bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif.

3. Asam Hialuronat

Selanjutnya ada asam hialuronat yang penting dibutuhkan bagi pemilik kulit kering. Sifat anti-penuaan yang terdapat dalam asam ini juga mampu bekerja untuk setiap jenis kulit. Sebab, asam ini dapat membantu mengunci kelembapan di kulit agar tetap terhidrasi dan lembut.

Di samping itu, asam hialuronat juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan menghalangi sinar UVB matahari. 

 

2 dari 2 halaman

Jenis Asam Lainnya

4. Asam Ferulat

Kemudian ada pula asam ferulat yang biasanya digunakan dengan bahan tambahan lain. Bahan ini banyak digunakan bersamaan dengan vitamin C dan E dalam serum. Produk perawatan kulit yang mengandung asam ferulat baik untuk kulit karena memiliki sifat antioksidan.

Sebagai informasi, ketika asam ini digunakan bersamaan dengan Vitamin C dan E, bahan tersebut dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mampu mengatasi masalah pigmentasi kulit.

 5. Asam Laktat

Adapun asam laktat, ini termasuk AHA kedua yang paling baik diteliti setelah asam glikolat. Selain itu, asam laktat ini pun termasuk pilihan yang baik digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

6. Asam Fitrat

Terakhir, ada AHA versi lebih ringan dan efektif. Asam fitrat ini dapat membantu meningkatkan warna kulit bila digunakan bersamaan dengan asam glikolat.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati