Sukses

Tumit Pecah-pecah Hilang dengan 4 Bahan Rumahan Ini, Cobain!

Liputan6.com, Jakarta Terlalu fokus kepada kulit wajah hingga lupa bahwa tumit pun perlu dirawat. Bila tidak, kulit di area tersebut mungkin bisa kering dan pecah-pecah. Namun tak perlu khawatir, masalah tersebut dapat teratasi dengan bahan rumahan yang mudah ditemukan.

Masalah biasanya akan semakin memburuk saat musim dingin karena kulit kurang lembap dan dehidrasi. Jangan diremehkan, kulit tumit yang pecah-pecah tersebut terkadang juga bisa menembus lapisan terdalam kulit sehingga menyebabkan pendarahan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan kondisi tumit yang pecah-pecah sebelum akhirnya semakin memburuk. Anda bisa mengobatinya dengan obat yang dibeli di toko atau dengan bahan rumahan yang mudah ditemukan.

Bila Anda memilih untuk mengatasinya dengan bahan yang mudah ditemukan, seorang naturopath sekaligus pendiri Uniqaya Gagan Bhatia tahu apa saja solusinya. Melansir laman Timesnownews, Kamis (13/1/2022), berikut ini 4 bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah

Lemon dan garam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam dan melembabkan kaki setidaknya seminggu sekali. Cara ini dianggap dapat membantu menjaga kulit area tumit tetap lembut dan terhidrasi.

Selain itu, coba pula menambahkan lemon dan garam dalam prosesnya. Bahan tersebut dianggap membantu peremajaan kulit pada area tumit. Lemon dapat mengatasi masalah kulit kering dan kasar serta garam membantu pengelupasan kulit.

 

2 dari 2 halaman

Madu

Selanjutnya coba gunakan madu untuk mengatasi masalah tumit pecah-pecah. Jadi, madu ini dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sebab, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-mikroba. Selain itu, mengoleskan madu sebagai masker pada kaki juga dapat membantu melembabkan dan meremajakan kulit.

Minyak kelapa

Kemudian ada minya kelapa. Selain bermanfaat untuk rambut, minyak kelapa juga membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Lebih dari itu, minyak kelapa bahkan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang akan membantu merawat kulit pecah-pecah dan kering. Jadi, minyak kelapa cocok dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah.

Pisang

Bahan terakhir adalah pisang. Berkat kandungannya, pisang menjadi bahan yang membantu melembapkan kulit secara alami. Sebab, pisang mengangung sarat dengan vitamin A, C, dan B6 yang menjaga elastisitas dan hidrat pada kulit khususnya area tumit.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati