Sukses

5 Jenis Bunga Bermanfaat di Dunia Kecantikan, Mau Tahu?

Berikut ini lima bunga beserta manfaat kecantikan yang ditawarkannya.

Liputan6.com, Jakarta Bunga yang tumbuh bukan hanya sekadar hiasan semata. Beberapa di antaranya memberikan manfaat untuk manusia. Salah satunya manfaat dalam dunia kecantikan.

Mungkin sering ditemukan beragam bunga yang tumbuh di lingkungan sekitar rumah Anda. Misalnya seperti bunga mawar, lavender, kembang sepatu, dan lain-lain.

Anda perlu tahu bahwa bunga juga tak kalah bermanfaatnya dibanding dengan batang, akar, ataupun daun dari sebuah tanaman.Lantas apa saja manfaat kencantikan yang didapatkan?

Dikutip dari laman Pinkvilla, Selasa (9/11/2021), berikut ini lima bunga beserta manfaat kecantikan yang ditawarkannya.

1. Mawar

Bunga ini mungkin sudah cukup populer dalam dunia kecantikan. Mawar bisa diolah menjadi air mawar atau menjadi campuran dalam krim malam atau siang.

Tumbuhan ini bermanfaat dalam dunia kecantikan karena dikenal dengan sifat antibakterinya. Selain itu, mawar juga dianggap mampu mengendalikan jerawat dan produksi minyak di kulit.

Oleh karena itu, bunga mawar ini begitu membantu bagi seseorang yang memiliki kulit berminyak.

2. Kembang Sepatu

Selain mawar, bunga ini juga dikenal dalam dunia kecantikan. Kembang sepatu terkenal karena bisa bermanfaat untuk eksfoliasi kulit.

Selain itu, kembang sepatu juga tak hanya mengurangi tanda penuaan, tetapi juga bermanfaat untuk rambut. Sebab, bunga ini juga bisa dijadikan sebagai minyak rambut. Sebagai informasi, kembang sepatu ini juga dikenal karena mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan merawatnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lavender

Adapun bunga lavender, ini lebih dikenal dalam dunia kecantikan sebagai minyak esensial. Bunga beraroma manis ini terkenal karena sifat antibakteri dan antiseptiknya yang dianggap mampu menenangkan kulit yang meradang.

Tak hanya itu, bunga ni juga dinilai mampu menyeimbangkan sebum yang diproduksi oleh kulit.

4. Melati

Sementara untuk bunga melati, tumbuhan ini terkenal karena dapat dijadikan sebagai aksesori. Hal itu tentunya berguna untuk mempercantik tampilan. Biasanya dipakai untuk menghiasi kepala atau rambut.

Selain itu, bunga ini juga berbau harum. Menurut informasi, bunga ini juga bermanfaat dalam dunia kecantikan karena dikenal dapat melembutkan dan melembapkan kulit.

5. Marigold

Terakhir ada bunga marigold. Tanaman ini berwarna kuning keemasan. Bunga ini dikenal dengan minyak Calendula yang dihasilkannya. Minyak tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang sempurna sehingga bermanfaat untuk kulit yang meradang dan teriritasi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini