Sukses

Hajime Isayama Jadikan Kampung Halaman Sebagai Inspirasi Attack on Titan

Hajime Isayama jadikan kampung halamannya sebagai inspirasi dalam membuat anime Attack on Titan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Attack on Titan? Manga dan anime karya Hajime Isayama ini menjadi perbincangan karena ceritanya yang menarik. Keunikan latar dan alur cerita yang dimiliki anime ini membuat penontonnya bertanya mengenai hal apa yang membuat Hajime Isayama menulis Attack on Titan.

Dikutip dari Cruchyroll, Isayama menjelaskan inspirasinya menulis Attack on Titan dalam wawancara bersama NHK. Ternyata inspirasi Isayama datang dari kampung halamannya, yaitu Hita. Hita sendiri merupakan kota di perfektur Oita yang berada di Pulau Kyushu.

Pulau itu merupakan tempat dengan gunung berapi paling aktif di Jepang dan dikelilingi dengan gunung dan perbukitan. Karena hal tersebut, Isayama merasa kampung halamannya terisolasi dari dunia luar. Isayama pernah bertanya-tanya apakah ada monster yang tinggal di balik pegunungan sekeliling kota Hita.

Pada mulanya Isayama merasa nyaman tinggal di kota Hita. Namun, ketika ia memasuki masa remaja ia mulai merasa bahwa ia harus keluar dari zona nyamannya yang merupakan kota kelahirannya. Rasa frustrasi itu kemudian ia tuangkan sebagai cerita Attack on Titan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amarah

Selain rasa frustasi akan kebebasan, Isayama juga ingin menuangkan rasa amarah korban tragedi dan bagaimana rasa amarah tersebut bisa menjadi bahan bakar perjuangan mereka untuk mencari kebebasan. Maka dari itu Isayama mengambil "penindasan" dan "kebebasan" sebagai tema utama dari cerita Attack on Titan.

Isayama juga menjelaskan bahwa Titan mewakili hal yang menyebabkan manusia frustrasi. Para raksasa cenderung berkeliaran tanpa tujuan, menyebabkan kehancuran di luar dan mengancam kehancuran dinding. Mereka juga mewakili tantangan yang tampaknya tidak dapat diatasi oleh manusia namun jika berusaha keras tantangan tersebut dapat diselesaikan.

Hal itu lantas tidak membuatnya membenci Hita. Pada tahun 2014, Isayama dinobatkan sebagai duta pariwisata Hita. Sejak itu, beberapa pameran dan kampanye penggemar telah diadakan di sana.

Isayama juga mengatakan bahwa ia merasa tersentuh melihat banyaknya penggemar yang menudkungnya di Hita. Hal tersebut membuat Isayama merasa bahwa Hita bukanlah kota yang terisolasi dari dunia luar. Melainkan sebuah kota yang bisa ia jadikan tempat pulang kapan saja.

3 dari 3 halaman

Streaming Attack on Titan di Vidio

Sekadar informasi, saat ini anime Attack on Titan hadir di Vidio. Anda bisa streaming Attack on Titan sub indo di platform streaming Vidio. Dapatkan rekomendasi hiburan untuk nonton anime, film barat, film Indonesia, drama Korea, Thailand, Mandarin, Bollywood, original series, dan tayangan olahraga favorit hanya di Vidio.

 

Penulis: Aisyah Sabilla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.