Sukses

Tarif Parkir Kendaraan di Bandara di Amerika Serikat, Siapa Termurah?

Liputan6.com, Jakarta Pergi berlibur untuk bersenang-senang tentunya juga harus mempersiapkan pengeluaran yang cukup agar liburan bisa terlaksana dengan maksimal. Misalnya, membeli souvenir, jalan-jalan, makan malam mewah, hingga menyewa ruangan demi menikmati pemandangan indah. 

Namun, terlepas dari semua itu, biaya yang harus dikeluarkan dan tidak memiliki esensi yang menyenangkan adalah harus membayar uang parkir dengan jumlah yang besar di bandara asal Anda pergi. 

Menurut pendiri dan CEO dari situs travelling Upgraded Points Alex Miller, umumnya turis atau orang yang sedang berlibur asal AS seringkali membayar tarif parkir selama per jam dan harian dalam jumlah yang cukup besar. Bahkan, yang memiliki penerbangan privat.

“Harga parkir bandara belakangan ini cukup ‘gila’ karena bisa sangat-sangat mahal dan penambahan biayanya bertambah dengan sangat cepat, ujar Miller kepada CNBC, Minggu (28/11/2021).

Salah satunya penambahan tarif yang dilakukan Bandara Internasional Logan Boston mencapai Rp 312.000 (USD 21,7) sehingga harga tersebut membuatnya menjadi harga parkir termahal di AS.

2 dari 3 halaman

Negara Lain

Meskipun demikian, masih ada beberapa wilayah yang memberlakukan tarif parkir yang murah, bahkan sangat murah dengan kisaran harga sekitar Rp 30 ribu ke atas. Bandara Internasional Denver memiliki tarif parkir paling murah seharga Rp 36 ribu saja.

Pejabat dari Upgraded Points mengatakan bandara tersebut menjadi salah satu penerbangan tersibuk ketiga pada 2020, tetapi justru memberlakukan tarif parkir dengan harga termurah.

“Hal tersebut mencurigakan bagi kami, sepertinya pejabat bandara di Denver mungkin saja menjaga tarif harga parkir dengan harga tersebut untuk menarik lebih banyak traveller,” jelas Miller.

Kedua, bandara Eppley Airfield di Omaha, Nebraska memiliki tarif rata-rata sebesar Rp 43 ribu lebih rendah dibandingkan bandara internasional di Jacksonville (Florida), Raleigh-Durham (Carolina Utara), Tampa (Florida), San Antonio, Memphis, Tennessee , Milwaukee, Miami, dan Dallas Love Field yang berkisar sekitar Rp 82-Rp 106 ribu.

Penambahan tersebut mengalami kenaikan dari tiap bandara diketahui karena penilaian yang diberikan oleh pelanggan dari skala 1 hingga 5.

Fasilitas yang terdapat dari tiap bandara internasional termasuk dalam daftar 10 teratas karena mendapat skor di atas 4⎼kecuali bandara Milwaukee memiliki rating 3,7.

“Secara keseluruhan, tarif parkir bandara meningkat di seluruh negeri, tambah Miller. 

Ia pun menambahkan peningkatan yang terjadi karena harga di musim pandemi dan pemotongan tempat parkir dapat menghasilkan permintaan dan biaya yang lebih tinggi karena sektor penerbangan sudah mulai pulih.

“Bandara menawarkan potongan harga untuk parkir di tempat yang lebih premium atau menawarkan kupon untuk parkir di tepat,” jelas Miller saat ditanya mengenai dampak penutupan sementara dari penerbangan beberapa negara.

Saat ini, tarif parkir tidak selalu sejalan karena sebagian besar tempat parkir mencoba menyusun tarif parkirnya berdasarkan jam atau hari. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak melulu harus ada fluktuasi permintaan di setiap harinya.

 

3 dari 3 halaman

Perbandingan antara Kereta dan Pesawat

Jika Anda mungkin kebetulan terbang dari bandara asal Anda di Logan, Australia atau bandara internasional lainnya yang memiliki harga parkir selangit, layanan taksi atau transportasi bisa jadi salah satu alternatif terbaik.

“Memilih angkutan umum sejauh ini menjadi pilihan favorit saya untuk sampai ke bandara,” ujar Miller.

Pilihan untuk memilih naik kereta ini paling dapat diandalkan dibandingkan naik bus yang juga memiliki biaya transportasi sekali bayar. Tidak sebanding dengan membawa kendaraan pribadi yang biayanya akan bertambah seiring waktu. Pergi berlibur, tetapi terbeban oleh waktu.

“Jika Anda pergi ke bandara menggunakan kereta, itu adalah transportasi yang paling bisa diandalkan,” jelas Miller.

Reporter: Caroline Saskia