Sukses

Akhiri Kecanduan Rokok, Ini 4 Cara yang Bisa Anda Lakukan

Rokok bisa jadi membuat seseorang kecanduan. Tapi masih ada cara untuk mengatasi hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Merokok menyebabkan kecanduan bagi penikmatnya. Kegiatan ini sangat adiktif sehingga memiliki peluang merugikan efek kesehatan dalam jangka panjang. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada harapan bagi Anda yang ingin berhenti.

Rokok memiliki bahan kimia yang membuat Anda kecanduan. Meskipun demikian, kecanduan rokok tersebut masih dapat diatasi.

Melansir dari CNN Health, ini 4 tindakan yang dapat membuat Anda berhenti merokok dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Berkomitmen Untuk BerhentiTujuan dari komitmen ini bukan untuk berhenti merokok, melainkan bagaimana untuk terus berhenti. Menurut Direktur Klinik Perawatan Tembakau Marylan dr Panagis Galiatsator, seringkali menemukan pasien yang ingin berhenti berkali-kali, tetapi tidak secara permanen. 

Ia merekomendasikan untuk mengganti motivasi mereka untuk berhenti dalam skala yang lebih kecil, misalnya pelajari faktor/pemicu apa saja yang membuat Anda bisa merokok. Dengan begitu, Anda akan lebih berhati-hati untuk menghindari serta menemukan solusi dari tindakan tersebut.

Jadikan Tujuan Anda Berhenti Sebagai Pengalaman BelajarKebanyakan orang pada umumnya berhenti merokok sebanyak 8-12 kali sebelumnya, hingga akhirnya benar-benar bisa berhenti. Menurut profesor di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Universitas Washington Jonathan Bricker, kekambuhan yang muncul sangatlah wajar.

Briker membantu pasiennya untuk terus belajar menemukan pengalaman setiap mengambil keputusan untuk berhenti merokok, “Saya tahu dan saya belajar melihat teman saya sebagai perokok yang kecanduan karena terpicu oleh stress”.

Bagi Anda yang ingin berhenti merokok, harus ada motivasi serta hasrat dalam diri untuk berhenti merokok. Sudut pandang ketika menjalani fase tersebut digunakan sebagai pembelajaran. Semakin banyak hal yang dipelajari dari kegagalan berhenti merokok, semakin besar peluang untuk berhenti. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain yang Dapat Dilakukan

 

Bicara dengan Tenaga Medis

Sebagian orang dapat pergi berkonsultasi dengan tenaga ahli medis seperti dokter untuk membuat rencana perawatan. Misalnya, ada resep dokter untuk mengekang keinginan merokok sehingga hasrat tersebut lebih terkendali.

Kemudian, untuk solusi jangka pendek, hal tersebut bisa dilakukan untuk melatih otak agar tidak melulu menginginkan rokok. Umumnya, resep yang diberikan bergantung pada tingkat keparahan dari kecanduan pasien. 

Dukung Orang yang Kecanduan Merokok

Menurut dr Galiatsatos, selama menjadi dokter, ia belum pernah menemukan bahwa pasien pecandu rokok tahu bahwa merokok adalah hal yang buruk. Menanggapi hal tersebut, ia merekomendasikan untuk memberikan dukungan pada orang yang kecanduan rokok.

“Jika Anda benar-benar ingin membantu orang berhenti merokok, lakukan dengan pendekatan sebagai pro dengan perokok, tetapi anti untuk merokok,” jelasnya.

Beri dukungan dan jangan memberikan stigma negatif. Setelah kepercayaan dapat terbentuk, rekomendasikan cara-cara tertentu agar perokok mau berhenti merokok. 

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.