Sukses

Manfaat Minyak Lavender untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Minyak lavender adalah salah satu jenis minyak yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, minyak ini pun cukup populer digunakan di dunia kecantikan dan kesehatan.

Sesuai dengan namanya, minyak ini tentu berbahan dasar tanaman lavender. Untuk yang belum mengetahui tentang minyak ini, berikut ini berbagai manfaat yang didapat ketika Anda menggunakan minyak lavender, seperti mengutip laman magforwomen, Rabu (07/07/201).

1. Untuk mengurangi kecemasan

Ketika Anda merasa cemas, cobalah melakukan pijat dengan menggunakan minyak lavender ini. Minyak lavender ini dipercaya dapat memberikan efek yang menenangkan untuk saraf sehingga dapat mengurangi kecemasan dan stres yang dirasa.

2. Meredakan hidung tersumbat

Jika Anda merasa hidung tersumbat karena flu, minyak lavender adalah salah satu solusinya. Ketika hidung merasa tersumbat, tuangkan minyak lavender pada air. Kemudian, hiruplah aroma minyak tersebut. Selanjutnya pernapasan akan lebih melegakan.

 

2 dari 2 halaman

3. Penyembuh gigitan serangga

Minyak lavender ternyata bisa pula untuk mengobati gigitan akibat serangga. Kandungan antiseptik di dalamnya dinilai dapat meredakan sengatan atau bahkan luka bakar.

4. Bermanfaat untuk perawatan rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, minyak lavender juga cocok untuk perawatan rambut. Mungkin Anda bisa menggunakannya untuk dijadikan sampo. Kandungan nutrisi yang baik pada minyak lavender dipercaya dapat mengontrol ketombe dan membuat rambut menjadi lebih wangi.

5. Membantu melawan sengatan matahari

Ketika Anda merasa kulit tersengat sinar matahari padahal sudah terhidrasi dengan baik, para ahli menyarankan untuk memberika minyak lavender ini pada kulit. Itu artinya minyak lavender bisa juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari di siang hari.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati