Sukses

Hindarilah! Ini 5 Hal yang Dapat Merusak Hubungan

Memiliki hubungan yang baik dan bertahan lama tentu diinginkan semua pasangan. Untuk itu, hindarilah 5 hal ini karena dapat merusaknya.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan akan berjalan dengan baik jika kedua belah pihak benar-benar peduli satu sama lain, memberikan cukup waktu, upaya, dan mencurahkan semua cinta ke dalamnya. 

Hubungan membutuhkan pengasuhan yang sama dari keduanya. Di dalam hubungan pasti akan mengalami pasang surut, maka Anda harus menghadapinya dengan sabar dan tenang. 

Namun, hubungan justru akan menjadi rusak apabila terjadi keputusan, reaksi, dan perilaku yang salah. Berikut adalah 5 hal yang pasti dapat merusak hubungan Anda, melansir dari laman magforwoman.

1. Harapan yang tidak realistis

Harapan tingkat tinggi yang tidak realistis justru akan berakhir dengan hancurnya hubungan. Semakin rendah harapan, Anda akan semakin bahagia dan puas. 

Jangan pernah berharap terlalu banyak karena ketika harapan tidak terpenuhi, Anda akan terluka. Sedangkan ketika tidak mengharapkan namun hal-hal justru terjadi, maka Anda akan lebih bahagia.

2. Mengubah diri sendiri

Dalam suatu hubungan, membuat penyesuaian itu baik tetapi tidak dengan mengubah diri. Anda tidak dapat mengubah sifat Anda maupun sifat pasangan sepenuhnya untuk membuat hubungan berhasil. 

Anda mungkin bisa terus melakukannya untuk beberapa waktu, namun setelah Anda dipastikan tidak akan dapat menahannya lagi. Yang terpenting adalah menjadi diri sendiri dan saling menerima satu sama lain.

3. Merusak kepercayaan

Ketika membuat janji dalam suatu hubungan, cobalah untuk menepatinya. Anda tidak bisa terus melanggar janji dan menghancurkan kepercayaan bahkan jika masalahnya itu kecil. 

Membangun kepercayaan adalah hal yang sulit tetapi menghancurkannya akan sangat mudah. Juga, memulihkan kepercayaan bahkan lebih sulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tidak memiliki privasi

Kedekatan dan koneksi sangat penting dalam suatu hubungan tetapi ruang pribadi dan jarak sama pentingnya. Jagalah selalu ruang Anda dan biarkan orang lain memiliki ruangnya sendiri. 

Ini akan membuat hubungan berjalan lancar. Masuk ke ruang pribadi satu sama lain dan tidak menjaga jarak tertentu justru akan menghancurkan segalanya.

5. Berpegang pada masa lalu

Anda harus berhenti berpegang pada semua masalah, pertengkaran, perbedaan, dan pengalaman negatif yang dialami di masa lalu. Belajar untuk melepaskan semua hal kecil, menyelesaikan masalah yang lebih besar dan mengatasinya.

Jangan menyeret semua hal pahit di masa lalu untuk dibawa di masa depan. Ini akan menciptakan negativitas dan kebencian yang akan merusak hubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.