Sukses

Tips Efektif Membuang Lemak di Wajah

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi menurunkan berat badan dari area tertentu di bagian tubuh. Salah satunya lemak berlebih di wajah yang bisa menjadi masalah sehingga membuat frustrasi jika itu mengganggu.

Untungnya, berbagai strategi tersedia untuk dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu membuat wajah Anda menjadi tirus.

Melansir dari laman healthline, berikut 8 metode efektif untuk membantu menghilangkan lemak di wajah.

1. Senam wajah

Senam wajah dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan wajah, melawan penuaan, dan meningkatkan kekuatan otot wajah. Menambahkan senam wajah ke dalam rutinitas Anda juga akan dapat mengencangkan otot wajah dan  membuat wajah tampak lebih tirus.

Beberapa latihan yang paling populer yakni menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik sekaligus.

Studi lain menunjukkan bahwa melakukan latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu akan meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

2. Rutin melakukan kardio

Seringkali, lemak berlebih di wajah adalah akibat dari kelebihan lemak tubuh. Menurunkan berat badan dapat meningkatkan penurunan lemak dan membantu melangsingkan tubuh dan wajah.

Latihan kardio, atau aerobik, adalah semua jenis aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung. Ini secara luas dianggap sebagai salah satu metode paling efektif untuk menurunkan berat badan.

Cobalah untuk melakukan 20-40 menit olahraga sedang hingga berat setiap minggu. Beberapa contoh umum latihan kardio termasuk berlari, menari, berjalan, bersepeda, dan berenang.

3. Minum lebih banyak air

Air minum sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan bisa menjadi sangat penting jika Anda ingin menghilangkan lemak pada wajah.

Studi menunjukkan bahwa air dapat membuat manusia merasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan. Faktanya, satu penelitian kecil menemukan bahwa minum air sebelum makan secara signifikan akan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum air dapat meningkatkan metabolisme untuk sementara waktu. Meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari dapat membantu menurunkan berat badan.

2 dari 2 halaman

4. Batasi konsumsi alkohol

Berlebihan mengkonsumsi alkohol bisa menjadi salah satu kontributor terbesar penumpukan lemak di wajah. Alkohol memang tinggi kalori tetapi rendah nutrisi dan dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penambahan berat badan.

Menjaga konsumsi alkohol agar tetap terkendali adalah cara terbaik untuk mengontrol penambahan berat badan.

5. Perhatikan asupan natrium

Salah satu ciri asupan natrium berlebih adalah kembung, dan ini bisa menyebabkan wajah menggendut dan bengkak. Ini karena natrium menyebabkan tubuh menahan air ekstra dan menghasilkan retensi cairan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan natrium yang lebih tinggi dapat meningkatkan retensi cairan, terutama pada orang yang lebih sensitif terhadap efek garam.

Makanan olahan menyumbang lebih dari 75 persen asupan natrium dalam makanan rata-rata, jadi kurangilah makanan ringan, camilan gurih, dan daging olahan untuk mengurangi asupan natrium Anda.

Pertimbangkan untuk mengurangi asupan natrium agar wajah tampak lebih ramping.

6. Makan lebih banyak serat

Salah satu rekomendasi paling populer untuk melangsingkan wajah dan menghilangkan lemak pipi adalah dengan meningkatkan asupan serat.

Serat adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama untuk mengekang keinginan makan dan menurunkan nafsu makan.

Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat larut, yaitu jenis serat yang membentuk gel saat dicampur dengan air, dapat mengurangi berat badan dan lingkar pinggang, bahkan tanpa membatasi kalori.

Serat secara alami ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan polong-polongan. Idealnya, Anda harus mengonsumsi setidaknya 25–38 gram serat per hari dari sumber makanan ini untuk menjaga lemak pada tubuh dan wajah.