Sukses

Ini Alasan Perlunya Memeriksa Gigi Secara Rutin

Liputan6.com, Jakarta Pergi ke dokter gigi kerap membuat seseorang khawatir. Namun semakin dini kita memahami pentingnya gigi yang bersih dan sehat, semakin baik.

Kehidupan yang hiruk pikuk sehari-hari dapat merusak gigi. Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa alasan mengapa pemeriksaan gigi secara rutin menjadi sangat penting.

1. Membersihkan gigi sama dengan mendapatkan senyum yang indah

Jika menyikat gigi setiap hari dan melakukan pemeriksaan rutin, senyum Anda akan otomatis terlihat bagus. Jangan pernah meremehkan nilai dari sepasang gigi yang putih bersih.

Meskipun tidak semua orang menyadarinya, Anda pasti dapat menghasilkan senyuman yang lebar dan terbuka serta tidak tersembunyi dan terjepit.

2. Pemeriksaan rutin

Kesehatan mulut bukan sesuatu yang harus diabaikan. Meskipun memiliki gigi yang sempurna, tidak ada jaminan bahwa Anda tidak akan mengalami gigi berlubang atau kondisi gigi lainnya.

Pemeriksaan rutin akan dapat menemukan gigi berlubang dan juga menentukan apakah Anda perlu mengganti tambalan lama atau memerlukan prosedur seperti saluran akar.

Dokter gigi mungkin juga merekomendasikan sesuatu yang sederhana seperti membersihkan gusi atau perawatan gigi rutin yang perlu diikuti. Ini adalah suatu keharusan untuk mencari keausan di gigi Anda.

2 dari 2 halaman

3. Bisa makan apa saja

Sebenarnya, semakin bersih gigi, semakin baik pola makan. Anda dapat menikmati makanan dengan nyaman dengan mengunyah dan menelan dengan mudah dan bahkan dapat memutuskan jenis makanan apa yang ingin dikonsumsi.

Pemeriksaan rutin akan membantu mengatasi masalah kebersihan mulut yang menghalangi Anda pada waktu makan.

4. Melindungi diri dari masalah kesehatan jangka panjang

Gigi terhubung erat dengan sistem bagian dalam tubuh. Infeksi bakteri yang terjadi dapat menyebabkan kanker mulut, belum lagi perdarahan gusi, periodontitis, dan bahkan mungkin penyakit jantung.

Jika Anda menderita bau mulut kronis, dokter gigi juga dapat menyarankan perawatan yang memadai. Pemeriksaan juga dapat menentukan apakah ada kondisi seperti bau mulut yang merupakan gejala mendasar dari sesuatu yang lebih besar seperti diabetes, bronkitis, masalah hati atau ginjal.

5. Infeksi dapat dideteksi pada tahap dini

Jika gigi Anda terkena infeksi, itu dapat dideteksi pada tahap awal yang memastikan pemulihan lebih cepat. Dalam kasus kanker mulut, saat ini terdapat perangkat non-invasif tertentu yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan pada sel-sel di mulut.

Deteksi infeksi pada tahap dini juga dapat membantu pengobatan dini dan efektif.

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa