Sukses

Atasi Rasa Stres dengan 6 Tips Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta Hidup ini penuh suka dan duka. Terkadang beberapa kejadian yang terjadi seringkali tak terkendali sehingga membuat diri sendiri merasa stres.

Rasa stres tersebut mungkin sering dirasakan setiap orang karena rasa seperti itu pasti terjadi dalam kehidupan masing-masing. Namun, stres yang berkelanjutan tentu dapat menyebabkan masalah yang bisa mengganggu kesehatan mental diri sendiri.

Rasa stres tersebut dapat berupa fisik (terkait dengan trauma, penyakit, lingkungan), psikologis (muncul rasa emosi, seperti kemarahan, frustrasi, kecemburuan), psiko-sosial (berasal dari hubungan dengan orang lain), atau psiko-spiritual (putus hubungan dengan keyakinan inti).

“Mulailah dari hal kecil dan sejak dini,” begitulah kata Marcus Ranney seorang dokter di Champion of Wellbeing. Pesan tersebut disampaikan untuk semua orang agar berpikir untuk menjalani hidup yang lebih baik dan sehat.

Marcus berharap, beberapa tips darinya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan mengoptimalkan otak untuk berpikir agar terhindar dari rasa stres.

Melansir Times Now News, Rabu (6/1/2021), berikut ini beberapa tips mudah dari Marcus untuk mengatasi bahkan menghilangkan perasaan stres yang terjadi.

1. Sempatkanlah waktu untuk berjemur

Tubuh manusia memerlukan vitamin yang dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat. Vitamin tersebut bisa bersumber dari paparan sinar matahari. Sinar matahari tersebut mengandung vitamin D yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, juga bisa menjaga kesehatan otak. Para ahli merekomendasikan untuk berjemur setiap hari. Durasi berjemurnya bisa 15-30 menit untuk mampu menopang kadar vitamin D. Hal tersebut sangat baik berkaitan dengan depresi yang sedang dirasakan atau beberapa gangguan mental lainnya.

2. Mencurahkan hati dengan menggambar atau melukis

Beberapa penelitian telah menetapkan bahwa menciptakan seni dapat meningkatkan kesehatan kognitif seseorang. Kegiatan seperti itu sangat direkomendasikan untuk terapi bagi seseorang yang ingin memperbaiki kesehatan mentalnya.

 

2 dari 3 halaman

3. Mengoleksi beberapa tanaman hijau

Menurut beberapa penelitian lain pun menunjukkan, ada hubungan yang baik antara tanaman berwarna hijau dengan kesehatan kognitif seseorang.

Beberapa karyawan di tempat kerjanya dinilai memiliki suasana hati yang lebih baik saat terjadi kontak langsung dengan alam dan melihat tanaman yang berwarna hijau sehingga terjadi penurunan keluhan atau perasaan yang tidak baik serta dapat mengatasi rasa stres yang melanda saat banyaknya pekerjaan.

4. Tertawalah demi kebahgaiaan

Ternyata dengan tertawa memiliki efek positif karena dapat membantu mengatasi stres. Di India, terapi tawa merupakan praktik yang lazim dilakukan.

Endorfin yang dilepaskan saat tertawa dapat membantu meningkatkan kondisi pikiran yang sedang mengalami depresi atau stres.

Oleh karena itu, saat Anda merasa sedang stres lihat atau lakukanlah sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa, seperti menonton serial komedi atau tertawa bersama seseorang.

5. Olahraga dengan menaiki tangga

Dalam penelitian lain, naik tangga ternyata mampu meningkatkan energi sehari-hari. Selain itu, manfaat olahraga untuk menaiki tangga sangat baik jika dihubungkan dengan kesehatan mental.

6. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Di samping kelima tips tersebut, ada hal yang perlu diperhatikan juga. Anda perlu memberi asupan yang baik untuk tubuh dan otak.

Konsumsilah makanan yang memiliki jumlah mineral dan vitamin yang seimbang, seperti zat besi, vitamin D, vitamin B (terutama B12, B6, B3, dan folat B9), kolin, seng, magnesium, yodium, dan kalium yang sangat penting unutk saraf dan kesehatan Anda.

Selain keenam tips tersebut, Anda pun bisa melakukan meditasi secara rutin untuk mengatasi rasa stres yang terjadi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini