Sukses

7 Cara untuk Mendapatkan Kulit Cerah Menurut Ahli beserta Rekomendasi Produknya

Mendapatkan kulit yang cerah tentu menjadi dambaan setiap orang khususnya wanita. Berikut ini cara-cara untuk melakukan perawatan kulit khususnya wajah agar terlihat lebih cerah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu komponen utama dan tanda kulit yang sehat adalah terlihat kilau alami. Namun, terkadang banyak seseorang khususnya perempuan yang justru kurang tidur, terkena stres, faktor usia, serta pengaruh memgonsumsi makanan dapat memengaruhi kecerahan kulitnya. Oleh karena itu, perlu beberapa perawatan untuk mengubah warna kulit yang terlihat kusam tersebut menjadi bercahaya.

Melansir Good Housekeeping, Selasa (29/12/2020), ilmuwan Good Housekeeping Institute Beauty Lab beserta ahli dermatologi membahas beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu membuat kulit terlihat bersinar secara alami.

 

1. Bersihkan secara teratur

Salah satu kunci utama untuk mendapat kulit cerah adalah dengan membersihkan wajah Anda, menggunakan kapas misalnya. Anda perlu menghapus partikel kotoran, minyak, dan polusi yang menempel pada wajah tiap kali sehabis bepergian. Jika tidak, kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori Anda yang selanjutnya akan membuat kulit Anda terlihat kusam.

Tidak lupa untuk rajin mencuci wajah setiap pagi dan malam hari. Saat mencuci wajah tersebut, Anda juga bisa sambil sedikit memijat wajah Anda dengan gerakan melingkar. Menurut Kimiawan Senior GH Beauty Lab Sabina Wizemann, pijatlah wajah dengan gerakan melingkar dari dalam ke luar.

Anda bisa coba membersihan wajah menggunakan brush pembersih wajah, seperti pemenang tes Beauty Lab dan bintang GH Seal ProX by Olay Advanced Facial Cleansing Brush System.

 

2. Eksfoliasi kulit

“Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kilau baik secara langsung maupun dalam jangka panjang adalah dengan eksfoliasi atau pengelupasan kulit,” kata Wizemann. “Proses ini menghilangkan lapisan luar sel kulit mati sehingga permukaannya lebih halus dan jernih serta bercahaya,” lanjutnya.

Anda bisa mengoleskan scrub wajah untuk proses eksfoliasi tersebut. Secara rutin Anda bisa melakukannya 2-3 kali dalam seminggu agar terjadi pengelupasan kulit secara kimiawi tersebut. Jika kulit sensitif atau kering, Anda bisa melakukannya seminggu sekali. Sedangkan saran baiknya bisa Anda lakukan maksimal tiga kali untuk mereka yang memiliki jenis kulit lain.

Cobalah scrub wajah pencerah kulit yang sudah teruji dari lab kecantikan, seperti Acure Brightening Facial Scrub atau Filosofi Microdelivery Triple-Acid Brightening Peel yang dapat meratakan warna kulit. Hal itu terbukti dari 71 persen pengguna yang telah melaporkan.

Selain memakai scrub wajah, Anda juga perlu coba memakai pelembap untuk mendapat hasil yang maksimal. Anda bisa memakai pelembab, seperti GH Seal star Neutrogena Hydro Boost Water Gel. Di samping itu, lindungi pula kulit Anda dengan tabir surya dengan krim siang yang mengandung SPF 30+. Jika tidak memakai, kulit Anda akan lebih rentan mengalami kerusakan akibat sinar matahri yang terik. Dalam hal tersebut, L’Oreal Revitalift Bright Reveal SPF 30 telah terbukti dalam lab yang mengandung asam glikolat serta vitamin C yang dapat mencerahkan kulit.

 

3. Mencari perawatan yang dapat mencerahkan

Menurut ahli kimia GH Beauty Lab Danusia Wnek, untuk menggunakan bahan perawatan kulit yang dapat mencerahkan seperti serum atau pelembap, Anda perlu memerhatikan produk tersebut apakah dapat mencerahkan atau tidak. Selain itu, produk tersebut mengandung bahan seperti vitamin C atau antioksidan yang dapat mencerahkan kulit atau tidak.

Mungkin Anda bisa mencoba bintang GH Seal No7 Early Defense Glow Activating Serum yang dibuat dengan vitamin C. Selain itu, Niacinamide (vitamin B3) juga dapat memperlambat produksi pigmen yang berfungsi untuk mencerahkan bintik-bintik gelap. Menurut seorang dokter kulit di Phoenix Cynthia Price MD, ada pula produk lain yang dapat memecah pigmen dan bisa menghasilkan warna kulit yang merata yaitu Resorcinol dan alpha arbutin. Selain itu, dia juga menyarankan untuk menggunakan SkinBetter Science Even Tone Correcting Serum Face.

Penggunaan produk pencerah tersebut dapat membantu Anda memiliki warna kulit yang lebih cerah. Dengan mencoba beberapa produk di atas, Anda bisa menemukan perbedaannya setelah beberapa minggu.

 

4. Menghidrasi kulit

“Kurangnya hidrasi akan membuat kulit Anda kusam bahkan akan menimbulkan kerutan,” ujar Jeanine Downie MD seorang dokter kulit Image Dermatology di Montclair, New Jersey. “Oleskan pelembab pagi dan sore hari untuk kembali menghidrasi,” lanjutnya.

Menurut Direktur GH Beauty Lab Birnur Aral, pilihan tebaik berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa losion dan krim wajah lebih baik menghidrasi dibandingkan minyak, serum, dan formula lainnya. “Emulsi campuran komponen minyak dan air) yang membawa bahan-bahan pelembab ke lapisan atas kulit dapat membantunya menahan kelembapan,” ujarnya.

Mungkin Anda bisa mencoba produk yang bisa merehidrasi pelindung kulit, seperti bintang GH Seal Olay Regenerist Micro-Scrulpting Cream. Produk tersebut telah diuji dapat meningkatkan hidrasi kulit hingga 50 persen selama 24 jam. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker pelembab untuk mendapat hasil yang cepat, seperti Skin Laundry Hydrating Facial Sheet Mask yang dapat meningkatkan kelembapan kulit hingga 25 persen selama beberapa menit.

 

5. Gunakan losion pencerah

Anda bisa mengunakan L’Oreal Paris True Mach Lumi Glotion Natural Glow Enhancer untuk mendapatkan kilau secara instan. Produk tersebut termasuk kategori baru dari perawatan kulit dan makeup hybrid yang disebut glotions. Gabungan manfaat pelembab yang bisa menghidrasi dengan efek highlighter tersebut dapat meningkatkan kecerahan.

Wnek menjelaskan, formula yang mengandung bahan-bahan humektan, seperti gliserin dan asam hialuronat dapat menarik kelembapan ke dalam kulit dan membuatnya tampak halus. Apalagi jika dicampur dengan mineral, akan memberi kesan kulit yang berkilau dan halus seketika.

Aplikasikan produk tersebut secara merata seperti saat Anda memakai losion ketika akan merias wajah. Selain itu, Anda bisa mengoleskannya di bagian atas wajah, bagian atas tulang pipi, atau di bawah lengkung alis. Cara tersebut akan memberikan sentuhan berkilau di wajah Anda.

 

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Segala makanan yang Anda konsumsi dapat memengaruhi warna kulit. Untuk itu, cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, seperti anggur, beri, dan kacang-kacangan.

 

“Penelitian mengaitkan jenis antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas untuk membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV, seperti hiperpigmentasi,” ujar mantan Direktur Nutrisi GH Jaclyn London, MS, RD. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan. Masukan makanan tersebut ke dalam makanan sehari-hari, seperti saat sarapan, makan salad, sebagai camilan atau makanan penutup.

 

7. Menghubungi dokter kulit

Jika Anda merasa kulit Anda mengalami masalah yang cukup besar, seperti hiperpigmentasi kulit yang membandel dan menghasilkan bintik-bintik hitam yang besar dan banyak, Anda perlu bantuan dokter kulit untuk mengatasinya. Masalah tersebut terjadi bisa jadi akibat kulit mengalami kerusakan karena sinar matahari. Untuk itu, datanglah ke dokter kulit yang terpercaya karena dia pasti akan merekomendasikan perawatan yang cocok untuk kulit Anda.

Menurut Pearl E. Grimes, MD seorang profesor klinis dermatologi di UCLA, Los Angeles mengatakan, hal itu mencakup resep produk, perawatan, rekomendasi pengelupasan wajah profesional, mikrodermabrasi dan laser, atau kombinasi terapi.

“Untuk kerusakan akibat sinar matahari, seperti bintik hitam dan pigmentasi bekas jerawat, laser seperti broadband sangat efektif,” kata Price. “Prosedur seperti microneedling, bentuk pengelupasan intensif, serta serangkaian pengelupasan kimiawi paling cocok untuk malesma,” lanjutnya.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a28541767/how-to-get-glowing-skin-tips/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini