Sukses

5 Makanan yang Harus Dimakan Jika Memiliki Hipertiroidisme

Kondisi masalah hormon ini sering kali diobati dengan obat resep, jadi segera temui dokter jika mengalami gejala hipertiroidisme.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada diet hipertiroidisme, tetapi apa yang Anda makan itu penting. Hipertiroidisme yaitu ketika kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid, hal ini tidak dapat dicegah atau diobati melalui diet saja.

Kondisi ini sering kali diobati dengan obat resep, jadi segera temui dokter jika mengalami gejala hipertiroidisme.

Tetapi dengan mengkonsumsi makanan tertentu, dapat membatasi beberapa gejala hipertiroidisme ringan. Melansir dari laman endocrineweb, berikut 5 makanan yang dapat membantu meringankan gejala hipertiroidisme.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Berries

Dari stroberi, blueberry, hingga raspberry dapat menjadi makanan pilihan untuk mecegah hipertiroidisme. Buah beri sangat bermanfaat karena mengandung antioksidan, yang menjaga sistem kekebalan tetap kuat. Makan satu porsi buah beri setiap hari agar dapat menghindar dari gejala penyakit ini.

2. Brokoli

Brokoli adalah bagian dari keluarga goitrogen, makanan yang dapat menurunkan jumlah hormon tiroid yang diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Makanan yang termasuk dalam kelompok ini dikenal sebagai makanan “cruciferous”. Jika bukan penggemar brokoli, sayuran silangan lainnya termasuk kembang kol, kangkung, dan kubis juga sama manfaatnya. 

3. Salmon

Salmon mengandung vitamin D dan nutrisi penting yang bekerja dengan kalsium untuk mencegah keropos tulang.

Salmon juga mengandung megadosis asam lemak omega-3 yang membuat Anda tetap sehat. Tubuh tidak secara alami menghasilkan asam lemak ini, jadi didapatkannya dari makanan.

Jika tidak menyukai ikan, dapatkan vitamin D dari telur dan jamur serta omega-3 dari kenari, minyak zaitun, dan minyak biji rami. 

 

3 dari 3 halaman

4. Ayam Kalkun

Kalkun adalah sumber protein yang sangat baik dan penting karena tubuh membutuhkan protein untuk energi dan untuk membangun serta memelihara otot.

Penurunan berat badan adalah gejala hipertiroidisme yang umum, jadi makan cukup protein dapat membantu memastikan tetap pada berat badan yang sehat.

Tidak makan daging? Tidak masalah, Anda bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan.

5. Yogurt

Hipertiroidisme yang tidak diobati pada akhirnya dapat melemahkan tulang Anda dan dapat menyebabkan osteoporosis.

Untuk mencegahnya, dapatkan 3 porsi kalsium sehari dari yogurt atau makanan olahan susu lainnya, seperti keju dan susu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.