Sukses

Ikuti Tips Ini untuk Mengurangi Ketergantungan terhadap Ponsel

Anda mungkin perlu bantuan untuk mengurangi ketergantungan ponsel karena sulit tidur nyenyak, menjadi kurang fokus, dan kurang termotivasi.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin perlu bantuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap ponsel. Sebab kondisi ini bisa menyebabkan sulit tidur nyenyak, kurang fokus, dan kurang termotivasi.

Banyak berpuluh-puluh saran diberikan untuk menjauhkan Anda dari ponsel. Seperti buku berjudul Goodbye Phone, Hello World: 60 Ways to Disconnect from Tech dan Reconnect to Joy.

Buat yang ingin tahu, berikut 8 langkah ini dapat membantu Anda melepaskan ketergantungan terhadap ponsel, dilansir dari Menshealth:

1. Jangan gunakan alarm dari ponsel

Keluarkan sedikit uang untuk membeli jam alarm sederhana untuk membangunkan Anda. Sehingga Anda tidak akan terdistraksi untuk berselancar di media sosial atau berita politik yang merusak mood di awal hari.

2. Buat kesepakatan dengan keluarga tentang sarapan dan waktu makan lainnya

Ini untuk mencegah keberadaan ponsel saat berkumpul makan bersama keluarga. Penelitian menunjukkan bahkan ponsel yang dimatikan namun ikut dibawa ke meja makan sudah cukup mengganggu komunikasi dan kebersamaan bersama keluarga.

3. Berolahraga dengan teman, bukan dengan aplikasi

Aplikasi olahraga memang semakin baik, namun keberadaan radiasi dari ponsel sudah cukup mengurangi kebugaran.

Selain itu latihan akan terasa menyenangkan jika ditemani seorang rekan serta membuat Anda lebih kompetitif.

4. Jadwalkan penggunaan ponsel di tempat kerja

Pakar detoksifikasi digital Catherine Price mengatakan gangguan ponsel mampu mengganggu produktivitas di tempat kerja. Simpan aplikasi di dalam folder dan jadwalkan waktu Googling bebas Anda daripada sesekali mengintip aplikasi.

5. Buat rencana

Meskipun pandemi menghambat kita menemui keluarga, namun kini Anda bisa memanfaatkan zoom untuk bertemu. Jadwalkan hari dan waktunya.

Membuat perencanaan dan berpegang teguh padanya membantu Anda agar tidak lama menghabiskan waktu mengetik SMS dan lebih tenang karena waktu bertemu menjadi lebih efektif.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6. Sikat gigi dua menit

Kesuksesan dimulai dari hal kecil. Dengan menambahkan lama Anda menyikat gigi menjadi satu menit, dedikasikan waktu tersebut untuk benar-benar menyikat gigi. Selain baik untuk kesehatan gigi Anda, setidaknya Anda bisa menjauh dari ponsel bertambah semenit. Memang Anda bisa saja sambil melihat ponsel, tapi haruskah?

7. Hindari melihat layar dua jam sebelum tidur

Sinar biru dari layar mengganggu produksi melatonin dan dapat mencuri waktu kedamaian Anda dari yang seharusnya menjadi waktu Anda tidur malam dengan nyenyak.

8. Jangan membawa ponsel Anda ke tempat tidur

Terapis pasangan yang berbasis di New York Katherine Stavrianopoulos percaya bahwa ketika pasangan tak lepas dari memantengi ponsel, mereka melakukannya sebagai cara untuk melepaskan diri dari keterikatan emosional dan komunikasi yang merupakan dasar kebersamaan. Untuk memperbaikinya, buat momen sebelum tidur bersama pasangan, menatap mata pasangan adalah pemandangan terakhir sebelum tidur dan lontarkan kata-kata sayang padanya.

Pasti, jauh di dalam lubuk hati Anda tahu Anda sudah berlebihan terhadap ponsel hingga waktu Anda di dunia nyata menjadi sedikit. Hal terpenting yang perlu Anda ingat yaitu seberapapun Anda mencintai ponsel Anda, itu tidak akan pernah membalas cinta Anda, lain halnya dengan pasangan Anda di dunia nyata.

3 dari 3 halaman

Infografis Kombinasi 3M Turunkan Risiko Tertular Covid-19 hingga 99,9 Persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.