Sukses

Kebiasaan Bawa Ponsel ke Toilet Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan ponsel saat berada di toilet tampaknya sudah menjadi kebiasaan bagi segelintir individu. Ternyata, membawa ponsel ke toilet itu tidak aman. Bahkan, hal ini juga sudah dibuktikkan oleh beberapa riset.

Para ahli mengatakan bahwa kebiasaan ini bisa berakibat fatal pada kesehatan Anda. Apalagi saat Anda memegang beberapa titik di wajah Anda ketika menggunakan ponsel di toilet

Selain itu, ada beberapa dampak kesehatan ketika Anda menggunakan ponsel di toilet. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari The Rooster, Selasa (1/12/2020).

2 dari 5 halaman

Sembelit dan wasir

Gangguan kesehatan seperti sembelit akan Anda alami jika menggunakan ponsel di toilet. Selain itu, apabila menghabiskan waktu di kamar mandi selama 30 menit, juga dapat menyebabkan wasir.

Wasir yakni kondisi di mana pembuluh darah yang meradang dan bisa berdarah, akan sangat gatal dan nyeri pada bagian bokong. Wasir juga bukan satu-satunya risiko yang mungkin terjadi saat buang air besar.

Tak bisa dipungkiri, buang air besar sembari melihat ponsel kerap membuat setiap orang lupa waktu. 

3 dari 5 halaman

Adanya bakteri

Ponsel yang sering Anda bawa saat buang air besar adalah sarang dari bakteri E. coli. Bahkan penelitian lain menunjukkan bahwa ponsel itu jauh lebih kotor daripada toilet itu sendiri.

Jika seseorang menghabiskan waktu terlalu lama dalam posisi duduk atau jongkok, masalah terjadi pada otot panggul. Duduk di toilet terlalu lama juga dapat membuat buang air besar jauh lebih sulit dari yang seharusnya.

4 dari 5 halaman

Terlalu lama gunakan ponsel

Namun yang menjadi masalah sebenarnya bukanlah ponsel Anda, melainkan durasi ketika terlalu lama di toilet karena fokus menggunakan ponsel.

Oleh karena itu, para ahli mengingatkan Anda untuk tidak lupa waktu saat buang air besar. Jika Anda tidak mau mengalami hal seperti ini, cobalah untuk mulai berhenti menggunakan ponsel di toilet.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa manusia harus buang air besar dalam posisi jongkok daripada posisi duduk. Inilah mengapa banyak penelitian menjelaskan toilet jongkok lebih bagus dibandingkan dengan toilet duduk.

Penulis:

Fayola Gishlaine

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: