Sukses

Anda Seorang Intovert? Simak 8 Tips Membuat Jaringan dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda, ada yang introvert dan ekstrovert. Jika Anda memiliki kepribadian ekstrovert maka lebih mudah dan terbuka untuk berinterkasi sosial.

Namun jika intovert maka kebalikannya yakni sulit untuk berinterkaksi dan membangun jaringan dengan orang lain.

Membangun jaringan sangatlah dibutuhkan sebagai salah satu keran informasi dan bantuan untuk memajukan pengembangan karir seseorang.

Sehingga bagi seorang introvert bukanlah suatu tugas yang mudah dan bisa menjadi sangat menakutkan untuk melakukannya.

Tidak ada kata terlambat untuk mencoba melakukannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang termasuk ke dalam kepribadian introvert cobalah untuk keluar dari zona nyaman agar dapat berinteraksi dengan orang lain.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (27/11/2020) berikut 8 tips yang dapat membantu seorang introvert agar dapat berinteraksi dengan lancar:

1. Jaringan online

Berkomunikasi adalah salah satu hal yang paling menantang bagi seorang berkepribadian introvert, sehingga dapat merasa cemas dan tidak nyaman.

Sehingga beruntung bagi para intovert karena di era digital ini menawarkan peluang untuk membangun jaringan secara online.

Anda dapat menggunakan platform media sosial yang ada dan bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan minat Anda.

 

 

2 dari 2 halaman

Tips berikutnya

2. Jaringan pribadi

Membangun jaringan tidak perlu dilakukan dengan kerumunan atau orang yang banyak karena dapat menjadi hal yang menakutkan, sehingga solusinya adalah Anda dapat membangun jaringan pribadi.

3. Bawalah teman

Jika Anda diundang ke suatu acara dengan jaringan yang besar dan penuh dengan orang asing maka akan menimbulkan teror bagi introvert, maka solusinya adalah bawalah seseorang yang dapat membantu meredakan kegugupan Anda.

Ada baiknya membawa teman yang memiliki tipe ramah yang bisa memulai percakapan dengan orang asing.

4. Jangan lupa jaringan lama

Mengenal orang baru memang menyenangkan, namun jangan lupa akan teman lama. Selalu berikan waktu untuk mengirim email ke jaringan lama hanya untuk menanyakan kabar terbaru tentangnya.

5. Tindak lanjut

Setelah bertemu dengan orang baru, segera untuk tindak lanjuti kontak baru tersebut setelah bertemu dengan orang baru. Gunanya agar dapat lebih mendekatkan diri dan percaya diri sehingga Anda dapat keluar dari zona nyaman.

6. Selalu siap

Di sebuah acara, melakukan pecakapan kecil akan menjadi sebuah senjata utama. Sehingga menjadi seorang intovert seharusnya tidak mengentikan Anda melakukannya.

Jika ada daftar orang yang hadir, catatlah nama orang yang ingin ditemui dan lakukan riset tentang latar belakang karir mereka untuk membantu percakapan.

7. Senyum

Sedikit canggung untuk memaksakan diri dan mencoba melakukan percakapan. Sehingga Anda haruslah untuk selalu tersenyum dengan tulus karena dapat berdampak besar dalam membangun jaringan yang baik, karena senyuman dan percakapan yang singkat dapat menghasilkan peluang yang tidak terduga.

8. Jadilah diri sendiri

Hal terakhir yang terpenting dan jangan dilupakan adalah menjadi diri sendiri selama sesi jaringan. Tidak masalah jika Anda introvert dan sulit untuk berbicara, namun Anda dapat menjadi seorang pendengar yang baik.

 Reporter: Tasya Stevany

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi Ala Event Organizer