Sukses

Perhatikan, 8 Tanda-Tanda Smartphone Diretas Hacker

Popularitas ponsel Android merupakan target favorit para hacker (peretas) dan kriminal cyber.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas ponsel Android merupakan target favorit para hacker (peretas) dan kriminal cyber. Mereka akan terus mencari pengguna yang mudah tertipu untuk membuat mereka mengunduh aplikasi jahat atau mengklik URL yang terinfeksi.

Selain itu ada file APK pihak ketiga yang dapat dengan mudah menarik iklan atau konten yang tidak Anda inginkan. Berikut ini adalah 8 tanda yang menunjukkan bahwa ponsel pintar Android Anda mungkin telah 'diretas', dilansir dari GadgetsNow:

Catatan: Peretasan di sini berarti adanya aplikasi, malware, spyware, atau program berbahaya yang dapat mencuri data perbankan Anda, menayangkan tautan yang terinfeksi, dan membahayakan lainnya di ponsel Anda.

1. Tiba-tiba muncul iklan pop-up dari sumber yang tidak dikenal

Jika Anda tiba-tiba melihat bahwa ada peningkatan jumlah iklan yang muncul di layar ponsel Anda dari sumber yang tidak diketahui, maka ada kemungkinan smartphone Anda mengalami infeksi malware.

2. Aplikasi tidak dikenal yang terinstal secara otomatis tanpa sepengetahuan 

Jika Anda melihat aplikasi (atau aplikasi) di ponsel Anda yang belum Anda instal dan telah terinstal sendiri maka ini juga merupakan tanda serangan malware.

3. Saat Anda menginstal aplikasi dan ikonnya menghilang

Tindakan lain yang seharusnya mengingatkan Anda adalah ikon aplikasi yang baru saja Anda unduh menghilang. Ada kemungkinan bahwa itu adalah aplikasi yang terinfeksi yang bersembunyi dari homescreen.

4. Masa pakai baterai ponsel Anda menurun tiba-tiba

Jika Anda tiba-tiba menyaksikan bahwa baterai ponsel Anda turun dari 100% menjadi 10% dalam dua hingga tiga jam, ini juga menunjukkan kemungkinan infeksi malware.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panggilan acak

5. Panggilan acak atau panggilan tak terjawab dari nomor internasional yang tidak dikenal

Jika Anda sering melihat panggilan tidak terjawab atau panggilan dari nomor internasional yang tidak dikenal, Anda harus tetap waspada dan memeriksa telepon Anda.

6. Peningkatan konsumsi data seluler yang tiba-tiba adalah tanda lain yang perlu Anda khawatirkan

Meskipun memiliki paket data harian yang tidak terbatas, jika Anda kehabisan data pada penggunaan moderat maka ponsel Anda mungkin terinfeksi.

7. Aplikasi konstan macet dan tidak dapat memperbarui aplikasi

Jika aplikasi terus mogok dan tiba-tiba jika Anda tidak dapat memperbarui aplikasi maka mungkin ada infeksi malware.

8. Penurunan kinerja dan aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat

Jika ponsel Anda tiba-tiba terlalu lambat untuk digunakan, mungkin inilah saatnya untuk memeriksanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.