Sukses

Rahasia Teh yang Bikin Wajah Memukau, Ini Buktinya

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ampas teh celup, yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh

Liputan6.com, Jakarta Teh jadi salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi. Rasanya yang nikmat membuat sebagian besar orang menjadikan teh sebagai minuman wajib untuk menikmati pagi dan sore yang indah setiap harinya.

Tradisi minum teh bahkan banyak dijalankan oleh beberapa negara di dunia, seperti: Jepang, Tiongkok, Belanda, dan yang lainnya. Bukan hanya oleh para orang tua, teh juga begitu disukai oleh anak muda.

Selain rasanya yang nikmat, teh mengandung banyak nutrisi dan zat berguna lainnya untuk tubuh, antara lain: vitamin A, C, E, serta polifenol, dan lainnya. Semua kandungan nutrisi ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Di dalam perkembangannya, umumnya teh yang dijual di pasaran sudah dalam bentuk kantong kecil, kita biasa menyebutnya teh celup. Kemasan yang dibungkus dalam sejenis kertas tipis ini memang begitu praktis dan lebih mudah diseduh, bahkan untuk satu cangkir kecil sekalipun.

Namun bukan hanya air tehnya saja, sisa ampas teh ini juga memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan dan juga kecantikan. Jadi mulai sekarang kantung teh celupnya jangan dibuang, Anda bisa menggunakannya untuk wajah dan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ampas teh celup, yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membuat Kulit Wajah Lebih Kencang dan Kenyal

Kulit wajah yang kencang dan kenyal merupakan impian banyak orang, terutama kaum hawa. Hal ini bisa didapatkan dengan menjaga kesehatan kulit wajah dan melakukan perawatan rutin.

Namun jika menginginkan perawatan dengan bahan alami, Anda bisa menggunakan ampas teh untuk mengencangkan kulit wajah dengan praktis. Cukup ambil satu kantong teh celup yang sudah terpakai dan keluarkan sisa ampas tehnya.

Terapkan ampas teh yang masih basah ini pada wajah secara merata, lalu diamkan hingga semalaman dan meresap dengan baik. Keesokan harinya, bilas wajah hingga bersih dengan menggunaan air hangat.

2. Mengatasi Mata Panda dan Juga Kantung Mata

Mata panda dan juga kantung mata menjadi sesuatu yang kerap mengganggu penampilan, apalagi jika kondisinya terbilang parah. Selain istirahat yang cukup, kedua masalah ini juga bisa dihilangkan dengan menggunakan ampas teh.

Celupkan kantong teh bekas ke dalam air es hingga basah dan dingin, lalu terapkan kantong teh tersebut sebagai kompres pada area kelopak mata yang ditutup rapat. Diamkan selama 10-15 menit dan lakukan 3 kali sepekan. 

3 dari 4 halaman

3. Memulihkan Kulit yang Terpapar Sinar Matahari

Aktivitas di air atau di area terbuka memang kerap membuat kondisi kulit memburuk, biasanya karena terpapar sinar matahari yang terlalu lama. Dalam kondisi parah, kulit bisa saja terbakar matahari, memerah, atau bahkan mengelupas.

Untuk memulihkannya, Anda bisa menggunakan ampas teh. Celupkan kantong teh ke dalam air es dan gunakan sebagai kompres pada area kulit yang bermasalah. Lakukan hal ini secara berulang, hingga kondisi kulit membaik dan ruam merah berkurang.

4. Digunakan Sebagai Lulur Mandi dan Masker

Ampas teh celup juga dapat dipakai sebagai lulur pada tubuhmu dan bisa membersihkan, melembabkan serta membuat kondisi kulit menjadi lebih halus. Keluarkan isi ampas teh dari kantongnya (sekitar 3-4 kantong), lalu campurkan dengan 1 sendok makan penuh tepung beras serta 1 sendok makan penuh lulur mandi kemasan.

Aduk semuanya hingga merata dan jika terlalu kental kamu bisa menambahkan sedikit air. Gunakan sebagai lulur pada seluruh tubuh dan dapatkan manfaat baiknya untuk kulit Anda.

Anda juga bisa menggunakan ampas teh sebagai masker wajah yang bisa mengatasi berbagai masalah, seperti: kulit kusam, noda bekas jerawat, kering, atau bahkan kulit kasar, serta noda bekas jerawat.

Gunakan ampas teh celup yang sudah didiamkan satu malam penuh. Keluarkan ampas teh dari dalam kantung dan campurkan dengan 1 sendok makan tepung beras dan juga 1 sendok makan madu, lalu aduk hingga merata.

Terapkan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 10 menit. Lakukan pemijatan lembut pada wajah, sehingga kotoran bisa luruh, lalu diamkan kembali hingga 10 menit, dan setelahnya bilas dengan air dingin.

4 dari 4 halaman

5. Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Sejenis zat antihistamin yang terdapat pada kantung teh ampuh mengatasi rasa gatal dan kemerahan akibat gigitan nyamuk. Cukup usapkan ampas teh celup yang masih dalam kondisi hangat pada area yang digigit nyamuk dan biarkan mengering. Rasa gatal dan kulit kemerahan akan hilang.

6. Mengobati Bisul 

Bisul bias muncul di mana saja, termasuk di wajah. Kantung teh celup juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Cukup gunakan kantung teh bekas yang masih basah sebagai kompres pada bisul, lalu diamkan hingga mengering. Lakukan hal ini secara berulang, hingga bisul membaik dan kempes.

Manfaatkan Ampas Teh Celup dengan Maksimal

Bagi Anda yang suka minum teh, sebaiknya manfaatkan ampas teh celup untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di wajah dan tubuh.

Tampil cantik dan badan sehat dengan cara yang sederhana serta murah meriah, kenapa tidak? Mulai sekarang selalu gunakan ampas teh celup dengan tepat dan dapatkan manfaat maksimalnya untuk kecantikan dan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini