Sukses

Liburan Pakai Jasa Open Trip, Biro Perjalanan atau Jalan Sendiri, Mana Pilihanmu?

Liputan6.com, Jakarta Banyak pilihan untuk pergi liburan, apakah kamu akan berlibur menggunakan jasa open trip, biro perjalanan, ataukah swadaya? Semuanya dapat dipikirkan dengan beragam pertimbangan.

Berbagai aspek di bawah ini dapat menuntunmu menemukan solusinya berupa pilihan yang tepat. Jadi, usahakan mengetahui plus dan minus dari setiap pilihan.

Sebagai perbandingan, yuk simak beberapa tips dari Swara Tunaiku berikut!

1. Mempertimbangkan Bujet

Liburan tidak akan berjalan jika tidak ada bujetnya. Hal pertama yang harus dipikirkan dan dipersiapkan adalah bujet.

Kamu harus mempertimbangkan bujet ketika ingin menentukan akan pilih jasa open trip, biro perjalanan, ataupun ingin jalan sendiri. Bujet yang tersedia bisa jadi pertimbangannya.

Bila memilih open trip, bujet ditentukan oleh pihak jasa dan biayanya dibagi rata ke semua anggota trip. Cara ini memang hemat. Namun, kamu perlu bawa uang cadangan karena memungkinkan adanya perubahan perjalanan.

Ketika pilih biro perjalanan, biayanya lebih mahal. Semua akomodasi serta keperluan lain sudah ditanggung biro. Hal ini tak masalah jika bisa bayar semua.

Saat kondisi keuanganmu pas-pasan atau kurang baik, lebih disarankan memilih swadaya atau jalan sendiri. Kamu bisa menentukan pemakaian bujet sesuai rencanamu sendiri.

Rencana destinasi, penginapan, makanan, dan transportasi, bisa kamu tentukan sendiri. Jika ingin lebih bebas, cara ini sangat cocok.

2 dari 4 halaman

2. Menyesuaikan Waktu Liburan

Waktu liburan juga menjadi pertimbangan wajib. Saat pilih open trip, kamu harus punya waktu free yang jelas karena program dari open trip akan terjadwal. Jika tidak bisa mengikuti sampai akhir juga akan rugi karena sudah membayar.

Hal ini juga berlaku untukmu yang memilih biro perjalanan, bahkan jadwalnya lebih pasti. Enaknya, kamu tinggal bayar dan siap berangkat.

Berbeda halnya ketika kamu tak punya banyak waktu atau waktu free-nya belum pasti. Jika demikian, lebih baik memilih jalan sendiri saja.

Kamu bisa memperkirakan sendiri waktu liburan dan lama liburan. Persiapannya juga bisa diperkirakan sendiri, tanpa harus terkait dengan kepentingan orang lain.

3. Memikirkan Kebutuhan Logistik

Liburan sudah pasti membawa berbagai keperluan pribadi. Saat menggunakan jasa open trip, kamu tetap menyiapkan semua kebutuhan sendiri, termasuk obat dan snack.

Enaknya, kamu bisa berbagi dengan peserta lain dalam hal membawa barang atau meminta tolong ketika ada logistik yang lupa tak terbawa. Berbeda ketika jalan sendiri, kamu harus rela menyiapkan semuanya sendiri.

Jika memilih biro perjalanan, kamu lebih mudah. Semua persiapan seperti obat, makan, dan minum, sudah disiapkan. Kamu hanya perlu memikirkan dan menyiapkan kebutuhan pribadi. Persiapanmu jadi lebih simpel, kan?

3 dari 4 halaman

4. Memikirkan Kelancaran Akomodasi

Selama perjalanan liburan dari berangkat sampai pulang, kamu harus memikirkannya juga. Kelancaran akomodasi via open trip memang terjamin karena diurus oleh tour leader. Sisanya, kamu tinggal memikirkan transportasi dari rumah ke meeting point-nya.

Sama seperti open trip, akomodasi lewat biro perjalanan juga sudah disiapkan. Lebih enaknya, ada juga yang menyediakan penjemputan peserta dari rumahnya.

Akan tetapi, lain cerita jika kamu pilih perjalanan sendiri tanpa pihak jasa, pasti transportasinya harus cari sendiri. Jadi, persiapannya harus dilakukan jauh-jauh hari dan cari harga promo sendiri jika mau lebih murah.

5. Mempertimbangkan Itinerary

Persiapan liburan atau itinerary dengan jasa open trip sudah disiapkan oleh tour leader. Lagi-lagi, kamu tinggal menunggu waktu berangkat, bukan? Tak perlu repot membuat rencana liburan dari awal sampai akhir dari semua aspeknya.

Beda dengan liburan swadaya yang mengharuskanmu membuat itinerary sendiri. Tipsnya, buatlah jauh-jauh hari dan cari informasi valid agar lancar.

Sama halnya dengan open trip, liburan dengan jasa biro perjalanan juga sudah disediakan. Pihak biro sudah membuatnya lengkap. Jadwal ini mengikat semua peserta dan tidak akan berubah. Jadi, kamu wajib mengikuti semua jadwalnya.

4 dari 4 halaman

6. Memikirkan Risiko

Terkait risiko, liburan dengan jasa open trip dan biro perjalanan sudah pasti lebih minim. Hal ini dikarenakan persiapan kebutuhan umum dan keamanan peserta sudah ditanggung oleh pihak jasa. Selain itu, kamu berlibur dengan rombongan, sehingga lebih aman.

Jika pergi liburan sendiri, kamu harus mempersiapkan sendiri. Risiko keamanan atau kebingungan, ditanggung sendiri.

Pengambilan keputusan melalui berbagai hal di atas sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan saat liburan.

Selain itu, kamu juga akan menyiapkan rencana liburan sekaligus melalui langkah pemilihan pakai jasa trip atau tidak.

Jangan lewatkan satu hal saja agar keputusanmu benar-benar tepat, terlebih jika kamu berlibur sendiri.

Loading
Artikel Selanjutnya
Agent of Change, Gadis 16 Tahun Ini Bolos Sekolah demi Climate Change
Artikel Selanjutnya
Jauh dari Kata Mahal, Prewedding Sukses Lewat Tips Cerdas Ini!