Sukses

Jangan Konsumsi 5 Makanan yang dapat Merusak Kulit Ini

Liputan6.com, Jakarta Kulit merupakan salah satu bagian organ yang paling penting di tubuhmu. Faktanya, kulit adalah bagian yang paling besar yang dapat dilihat oleh semua orang.

Keadaan tubuhmu akan jelas tercermin dari kulit. Jadi ketika kamu makan makanan yang tidak sehat atau kurang tidur, kulitmu akan langsung terlihat kusam.

Di sisi lain, ketika kamu makan makanan sehat, olahraga cukup dan istiahat cukup, maka kulit akan secara otomatis bersinar dan menunjukkan bahwa kamu sehat secara internal.

Di bawah ini beberapa daftar makanan buruk yang tidak sehat untuk kulitmu yang akan membuatnya terlihat buruk dan seperti bermasalah, seperti mengutip magforwoman, Minggu (5/1/2020)

1. Makanan olahan

Ya, makanan kaleng memang mempermudah kita memasak makanan sehingga lebih cepat. Namun, sudah saatnya kamu menyadari bahwa sebagian besar makanan olahan mengandung zat aditif dan pengawet dengan jumlah tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan hormon menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jerawat muncul.

Bahkan, makanan yang diawetkan juga akan dapat membuat kulit kita tampak kusam dan tak bernyawa karena kekurangan nutrisi di dalamnya.

 2. Kafein

Meskipun banyak orang mengatakan bahwa minum kopi di pagi hari membantu mengurangi mata bengkak dan membuat merasa segar, namun ternyata mengkonsumsi kafein setiap hari sebenarnya bukanlah hal yang baik untuk kulitmu.

Hal ini membuat kulitmu menjadi kering. Bahkan lebih dari itu, membuat kulitmu terlihat sangat kusam dan seperti tak bernyawa.

 3. Gula

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi rusak dan munculnya jerawat.

Kamu harus mengurangi mengkonsumsi gul ajika ingin kulit terlihat bagus. Jika kamu menyukai manis, maka gantilah gula dengan bahan alami seperti buah-buahan, kurma, jus, air kelapa, dan lainnya.

 

Reporter : Helena Yupita E

 

2 dari 2 halaman

4. Keripik dan makanan kemasan

 

Terlalu banyak mnegkonsumsi garam dan bahan pengawet dalam keripik dan makanan ringan kemasan akan menyebabkan retensi air dalam tubuh, tidak hanya membuat anda kembung dan bengkak, tetapi akan menyebabkan masalah keriput dan jerawat.

Hindari mengkonsumsi makanan secara berlebih, terutama garam karena tidak sehat untuk dikonsumsi dan tidak mendukung keseimbangan tubuh.

5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti pasta, pizza, kentang goreng, dan lainnya membuat karbohidrat menumpuk di dalam tubuh dan akan memperlambat metabolisme.

Hal tersebut tidak hanya akan menambah berat badan anda, tetapi juga akan menyebabkan kadar kolesterol anda meningkat.

Dampaknya, kulit anda tidak akan mendapatkan suplai darah yang sehat dan justru menjadi berminyak yang memunculkan berbagai masalah kulit.

 Banyak orang yang salah paham bahwa kerusakan kulit dapat diperbaiki dengan bantuan toner, krim, pencuci wajah, dan jenis produk kecantikan lainnya.

Namun, yang harus disadari bahwa kulit membutuhkan nutrisi dalam bentuk alami dan bukan dari kosmetik eksternal. Semakin kamu meningkatkan pola makan dan kualitas makan yag kamu konsumsi, semakin baik pula kondisi kulitmu. Kamu akan terlihat lebih muda dan lebih cantik tanpa usaha yang berlebih.

Loading
Artikel Selanjutnya
Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Minum Air Rebusan Kulit Pisang
Artikel Selanjutnya
Sindrom Patah Hati Bahaya Bagi Kesehatan, Kenali Gejalanya