Sukses

Jangan Kerja Melulu, Ini Pentingnya Seimbangkan dengan Liburan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang yang baru menginjak fase dewasa, sebagian besar waktu yang dimiliki biasanya terpakai untuk bekerja dan menyelesaikan tanggung jawab lain sesuai perannya.

Bahkan, bagi sebagian orang, masa muda tidak dinikmati sama sekali karena hanya dihabiskan untuk mencari rezeki. Padahal, hidup tidak melulu soal bekerja dan mencari rupiah belaka.

Namun, ada hal yang lebih indah yang bisa Anda nikmati saat bisa berhenti sejenak memikirkan beban tugas yang dimiliki. Untuk itu, kebanyakan masyarakat memilih pergi berlibur disela waktu bekerja yang ada.

Dengan begitu, pikiran akan terasa lebih fresh dengan merasakan kehidupan yang santai dan tidak mengikat. Bagi yang merasa pekerjaan dan mencari uang adalah hal terpenting saat masih muda, Anda perlu merubah pola pikir tersebut.

Karena masih ada banyak hal yang bisa Anda rasakan selain hanya terjebak di kantor menyelesaikan tugas, simak pentingnya merasakan liburan disela waktu bekerja berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Liburan Membuat Kehidupan Lebih Berarti

Saat masih berada di bangku sekolah atau kuliah, Anda pasti pernah berangan-angan agar bisa segera bekerja dan dapat menghasilkan uang sendiri. Namun, karena sekarang memiliki kesibukan bekerja yang tak ada henti-hentinya, Anda malah tidak memiliki waktu untuk menikmati hasil dari jerih payah tersebut.

Meski merasa kehidupan telah tertata dengan memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan yang cukup, kehidupan Anda akan terasa monoton saat tidak dapat merasakan liburan. Tak ayal, beban pikiran yang kian menumpuk tidak bisa hilang begitu saja hanya dengan melihat nominal tabungan yang dimiliki.

Oleh karena itu, dengan menyisihkan waktu untuk berlibur disela-sela waktu bekerja, Anda dapat merasakan indahnya hidup dengan melakukan hal yang baru atau menyenangkan. Jadi, fokus untuk bekerja memang diperlukan, namun, menyisihkan waktu untuk berlibur juga hendaknya rutin Anda lakukan agar hidup terasa lebih berarti.

2 dari 3 halaman

2. Dengan Berlibur, Tubuh Akan Menjadi Lebih Sehat

Bagi para pekerja kantoran, rutinitas bekerja Anda mungkin adalah duduk dan menatap komputer selama berjam-jam. Ketika setiap hari melakukan hal tersebut dalam waktu yang lama, tubuh Anda akan terasa kaku karena kurang melakukan aktivitas fisik.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, wanita yang tidak pernah berlibur, seperti melakukan travelling, memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding mereka yang rutin berlibur. Tentu sangat disayangkan, masa bekerja yang seringkali terasa menjemukan malah membuat Anda lebih rentan terkena penyakit 

Oleh sebab itu, selain dapat membuat beban pikiran lebih ringan, berlibur juga dapat membuat tubuh lebih sehat karena sering bergerak. Alasan untuk men’dewa’kan pekerjaan pasti menjadi lebih sedikit, bukan? 

3. Lebih Mengenal Watak dan Kepribadian Diri

Dengan berlibur, kesempatan Anda untuk dapat bertemu dengan orang dari berbagai kalangan dengan latar belakang berbeda tentu akan muncul. Dalam beberapa kesempatan, Anda mungkin perlu berinteraksi dengan orang asing tersebut untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Jika saat berinteraksi Anda merasa canggung atau bahkan malu, hal ini bisa jadi mengindikasi bahwa kemampuan komunikasi Anda masih kurang baik. Mengetahui masalah tersebut, Anda tentu dapat menjadikan hal tersebut sebagai kemampuan yang perlu diperbaiki. 

Terlebih lagi masalah komunikasi mungkin memiliki pengaruh penting dalam pekerjaan Anda. Jadi, Anda dapat segera meningkatkan skill tersebut agar tidak mengganggu saat berinteraksi dengan rekan kantor atau bahkan atasan Anda.

Contoh singkat lain adalah saat Anda mendapatkan kendala ketika sedang berlibur. Dalam situasi inilah Anda dapat mengetahui tingkat emosional Anda. Saat Anda bisa merasa ‘legowo’ dan merasa wajar dengan kesalahan yang dibuat, itu berarti Anda adalah pribadi yang sabar dan mudah memaafkan.

3 dari 3 halaman

4. Lebih Berani Menghadapi Tantangan

Kesulitan maupun tantangan dalam dunia kerja mungkin kebanyakan tidak mengalami perubahan yang signifikan. Terlebih lagi saat Anda tidak terlalu sering berganti-ganti pekerjaan.

Tugas yang dikerjakan setiap hari pasti berkutat pada hal yang sama. Ketika mencoba berlibur dengan tema wisata alam, Anda pasti akan mendapatkan kesempatan untuk menghadapi tantangan baru.

Dengan begitu, adrenalin akan terpacu dan meningkatkan tingkat keberanian Anda. Salah satu sarana liburan yang penuh sensasi adalah wisata paralayang.

Sembari menikmati eloknya pemandangan seraya terbang, Anda pasti mendapatkan pengalaman berlibur yang tidak akan pernah terlupakan. Berani mengatasi rasa takut dari melakukan tantangan tersebut juga pasti membuat mental Anda lebih kuat saat bekerja.

5. Lebih Produktif Karena Pikiran Segar

Terlalu fokus dalam bekerja memiliki kemungkinan untuk membuat Anda bosan. Saat pikiran mulai terasa jenuh dan penat, lama kelamaan, stres akan melanda Anda. Alhasil, semangat kerja akan menurun drastis.

Inilah yang membuat kebutuhan berlibur penting untuk dilakukan. Dengan mengalihkan fokus kepada hal yang menyenangkan dan tanpa tekanan, beban pikiran akan menghilang. Semangat kerja yang sempat hilang pasti akan bisa Anda dapatkan kembali pasca melakukan liburan.

Menyeimbangkan Kebutuhan Bekerja dan Berlibur Itu Penting

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti akan menghasilkan hal yang negatif. Sama halnya saat Anda terlalu fokus untuk meniti karier hingga melupakan kebutuhan primer untuk melemaskan pikiran Anda. Dengan menyisihkan waktu untuk refreshing disela kebutuhan kerja, pikiran Anda tidak akan merasa jenuh sehingga membuat produktivitas bekerja menjadi lebih baik.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukalapak dan Cermati.com Luncurkan Fitur Pengajuan Kartu Kredit Online
Artikel Selanjutnya
Tips Singkat dan Penting Jika Ingin Pergi ke Japan