Sukses

Kotak Hitam Pesawat Lion Air Ditemukan

Liputan6.com, Solo: Dua kotak hitam pesawat Lion Air jenis MD-82 yang tergelincir keluar pagar Bandar Udara Adisumarmo, Solo, Jawa Tengah. ditemukan. Alat yang merekam pembicaraan antara pilot dan petugas menara kontrol Bandara Adisumarmo itu ditemukan Tim Badan search and rescue (SAR), Nasional Semarang, Rabu (1/12) siang.

Kotak hitam tersebut kemudian dibawa oleh tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ke pos koordinasi Bandara bagian Emergency Operations Center atau pusat operasi darurat. Menurut KNKT, kotak hitam yang ditemukan di bagian ekor pesawat itu berisi rekaman di ruang kabin pilot dan slide data recorder.

Dari pemantauan SCTV, meski diguyur hujan, tim gabungan yang terdiri petugas Lapangan Udara Adisumarmo, SAR, personel TNI dan tim forensik kepolisian setempat terus bekerja. Dalam proses evakuasi itu tim memfokuskan untuk membersihkan sisa-sisa rongsokan badan pesawat yang berserakan.

Menurut kepala tim evakuasi, pihaknya telah menyisir semua sudut pesawat dan menduga tidak ada lagi korban meninggal yang belum dievakuasi. Rencananya tim akan mendatangkan alat-alat berat untuk memotong dan menderek tubuh pesawat.

Sementara itu, korban meninggal dalam insiden ini tercatat sebanyak 31 orang. Sedangkan korban luka masih dirawat di beberapa rumah sakit di Kota Solo di antaranya Rumah Sakit Islam Yarsis, RS Umum Kasih Ibu, dan RS Angkatan Udara [baca: Proses Evakuasi Mengalami Kesulitan].

Seorang di antara korban meninggal yakni pramugari bernama Dewi Suryani, telah dimakamkan oleh pihak keluarga di sebuah pemakaman umum di Sukoharjo. Selain keluarga, rekan seprofesi korban juga tampak hadir.(JUM/Tim liputan 6 SCTV)