Sukses

Bus Tingkat Wisata Mulai Beroperasi di Jakarta

5 bus Tingkat Wisata mulai beroperasi dan melayani turis serta warga yang ingin berkeliling Jakarta.

5 bus Tingkat Wisata mulai beroperasi dan melayani turis serta warga yang ingin berkeliling Jakarta. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata DKI Arie Budhiman.

"Hari ini jam 9 pagi, bus tingkat mulai beroperasi dari Monas Barat Daya," kata Arie saat dihubungi, Senin (24/2/2014).

Rute bus tersebut adalah dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) - Sarinah - Museum Nasional - Halte Santa Maria - Pasar Baru - Gedung Kesenian Jakarta - Masjid Istiqlal - Istana Merdeka - Monas - Balaikota - Sarinah kemudian kembali lagi ke Bundaran HI.

Pada 3 bulan pertama, penumpang tidak dikenakan biaya tiket. Tiket akan disebar di hotel-hotel yang dilintasi bus tingkat wisata.

"Tidak lagi pakai acara seremonial, langsung bisa digunakan warga. Tapi kalau naik, penumpang jangan memaksakan. Kalau sudah penuh karena ini tidak ada yang berdiri," ujar Arie.

Bus-bus ini akan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB dan semua bus tingkat wisata akan parkir di Silang Barat Daya Monas untuk memulai perjalanan.

Bus ini berkapasitas 60 kursi yang 2 di antaranya untuk penyandang disabilitas, bus Tingkat Wisata Ibukota memiliki jarak tempuh (headway) sekitar 30 menit.

Deck dan pintu bus sengaja dibuat lebih rendah dan ditempatkan di sebelah kiri agar ramah untuk penyandang disabilitas dan orangtua. Selain itu, bus tersebut dilengkapi pendingin udara, pengeras suara, CCTV, lengkap dengan video pariwisata. Bus-bus tingkat tersebut akan ditempatkan di Pool Cawang. (Riz/Yus)

Baca juga:

Ahok: Saya Mau Bus Wisata `Skania`, Eh Malah Weichai
Curiga Ada Mark Up Pengadaan Bus, Ahok Gandeng BPK
Korslet Mesin, Bus Transjakarta Mogok di Depan Gedung KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini