Sukses

Jutaan Surat Suara Pileg di Bogor Disimpan Dalam Ruko

Ditiap gudang dan lokasi penyimpanan kebutuhan pemilu tersebut, akan dijaga selama 24 jam nonstop oleh petugas gabungan.

Sebanyak 9 juta surat suara yang akan digunakan pada pemilihan legislatif (pileg) 2014 untuk Kabupaten Bogor sudah tiba sejak 2 minggu lalu. Namun, surat suara itu tidak disimpan di gudang yang berada di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor melainkan di sebuah ruko.

"Gudang KPU tidak harus milik KPU, untuk itu kami ngontrak ruko dan meminjam aula kepada pemda," kata Ketua KPU Kabupaten Bogor, Hariyanto Surbakti saat dihubungi Liputan6.com dari Bogor, Rabu (19/2/14).

KPU Kabupaten Bogor menyimpan jutaan surat suara di sebuah ruko yang berada di Jalan Tegar Beriman dan gedung bekas Kantor Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor. Alasannya, karena karena gudang yang ada di kantor KPU sudah penuh dengan kotak suara, bilik suara serta kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS) lainnya.

"Pengiriman surat suara yang diprioritaskan adalah daerah yang jauh dan yang DPT-nya paling banyak. Kabupaten Bogor ini termasuk yang paling banyak DPT-nya," tuturnya.

Di tiap gudang dan lokasi penyimpanan kebutuhan pemilu itu, kata Heriyanto, akan dijaga selama 24 jam nonstop oleh petugas gabungan. Penjagaan diakukan oleh 2 petugas dari KPU dan 4 petugas dari Polres Bogor.

Dirinya menambahkan, surat suara yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu untuk caleg tingkat DPRD Kabupaten, DPRD tingkat Provinsi, tingkat DPR RI dan DPD ini nantinya akan didistribusikan ke gudang-gudang yang berada di kecamatan sesuai dari dapil yang telah ditetapkan.

Surat suara ini nantinya akan disortir oleh petugas KPU dan petugas dari panitia pemilihan kecamatan (PPK). "Sisa surat suara yang belum datang ada 4 juta lagi. Malam ini rencananya akan datang satu juta lembar lagi," pungkasnya. (Adm/Ism)

Baca Juga:
Ketua KPU Akui Pengiriman Logistik Pileg 2014 Terkendala
Ribuan Kotak Suara Terbengkalai di Bogor
KPU Bogor Musnahkan Ribuan Surat Suara yang Rusak


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini