Sukses

KPU Sumut Akan Mencoret Keanggotaan 50 Caleg

Ketua KPU Sumut, Irham Buana Nasution mengatakan, posisi ke-50 caleg itu kemungkinan digantikan calon nomor urut di bawahnya. KPU Sumut juga akan mengugurkan caleg berstatus pegawai negeri sipil aktif.

Liputan6.com, Medan: Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatra Utara berencana mencoret 50 calon anggota legislatif kabupaten/kota yang diduga menggunakan ijazah palsu. Posisi ke-50 caleg tersebut kemungkinan akan digantikan calon nomor urut di bawahnya. Demikian diungkapkan Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution dalam Rapat Pleno KPU Sumut di Medan, Sabtu (31/7).

Menurut Irham, dari 50 caleg tersebut, beberapa di antaranya sudah divonis atau dalam proses banding di pengadilan. Caleg dari Kabupaten Deli Serdang, Nias Selatan, dan Tapanuli Utara, misalnya. Namun, dia menegaskan, mereka yang divonis maupun dibebaskan karena berijazah palsu tetap dinyatakan gugur haknya sebagai anggota DPRD.

KPU Sumut juga akan mengugurkan caleg yang berstatus pegawai negeri sipil aktif. Pasalnya, Irham menambahkan, mereka telah memberikan keterangan palsu ketika mengisi kelengkapan administrasi ke KPU [baca: Caleg Bermasalah Mencapai 90 Persen].(ICH/Chaerul Dharma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini